Kajian Pengarahan Komponen Cadangan Dari Tim Ditjen Strahan Kemhan RI Di Makorem 172/PWY

adminpenrem 02/10/2014 0

Abepura – Komando Resor Militer 172/PWY menerima kunjungan Tim Direktorat Jendral Kementerian Strategi Keamanan dan Pertahanan RI (Ditjen Strahan Kemhan RI) dalam rangka kegiatan pengumpulan data kajian pengarahan “Komponen Cadangan” melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat “Komando Utama (TNI)” di wilayah Jayapura, Rabu (1/10).

Komandan Korem 172/pwy Kolonel Inf Tri Yuniarto, S.AP, M.Si didampingi Kasiter Korem 172/pwy Letkol Inf Leonard, Pasi Binwanmil Mayor Inf Bakri dan Pasi Bakti Mayor Inf Mulyadi menerima kunjungan Tim Ditjen Strahan Kemhan RI yang dipimpin oleh Kolonel Inf Rakimin M Djoeri, S.IP bersama Letkol Inf Drs. Adril, M.Si dan PNS Simon di ruang kehormatan Makorem 172/pwy. Selanjutnya Tim menuju ruang data Makorem 172/pwy untuk melaksanakan kegiatan pengumpulan data kajian pengarahan Komponen Cadangan.

Dalam paparannya Kolonel Inf Rakimin M Djoeri, S.IP menjelaskan bahwa, “komponen cadangan sangat di­perlukan untuk menjaga dan melindungi negara yang haki­katnya bersifat semesta sesuai dengan UU No. 3 Tahun 2012 Tentang Pertahanan Negara.

“Kalau Di Luar negeri ada Wajib Militer sedangkan di Indonesia yaitu Komponen Cadangan”, lanjutnya.

Keberadaan Komponen Cadangan memang diperlukan negara Indonesia mengingat rasio jumlah personel TNI jika dibandingkan dengan jumlah penduduk dan luas wilayah negara sangatlah kecil. Komando Cadangan dapat dimanfaatkan untuk operasi militer perang dan tugas kemanusiaan terutama untuk membantu menanggulangi akibat bencana alam. Melihat Kondisi Geografis Provinsi Papua dan Papua Barat yang rentan terjadinya bencana alam sehingga perlu adanya tenaga penolong yang profesional.

Dalam kegiatan tersebut melibatkan beberapa responden yaitu : 4 orang anggota TNI (PA), 3 orang anggota PNS TNI, 2 orang Purnawirawan TNI dan 2 orang anggota Pramuka Saka Wira Kartika.

Leave A Response »

*