Upacara Hari Kesaktian Pancasila Di Makorem 172/PWY

adminpenrem 01/10/2014 0

Abepura РPrajurit dan PNS Korem 172/PWY memperingati Hari Kesaktian Pancasila melalui upacara Militer dengan Inspektur Upacara  Komandan Korem 172/PWY Kolonel Inf Tri Yuniarto, S.AP, M.Si bertempat di lapangan upacara Makorem 172/PWY, Rabu (1/10).

Upacara tersebut sebagai wujud untuk mengenang kembali adanya tragedi Nasional yang populer dengan sebutan G 30 S / PKI pada tahun 1965 yang telah memakan korban gugurnya beberapa Jenderal TNI-AD akibat kejamnya ulah anggota PKI.

Sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia telah banyak terjadi rongrongan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurang waspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Idiologi Negara.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 1 Oktober, harus dijadikan sebagai kesempatan untuk merefleksikan tentang pemaknaan nilai-nilai dan kesaktian Pancasila itu sendiri. Hal ini penting khususnya bagi generasi muda bangsa ini. Generasi baru tidak akan memiliki rasa percaya diri dan kebanggaan atas bangsa ini tanpa mengenali sesungguhnya sejarah kehidupannya.

Upacara yang berlangsung sangat khidmat dan tertib tersebut juga dilakukan pembacaan Pancasila, UUD 1945 dan Ikrar.

Leave A Response »

*