KOREM 172/PWY RANGKUL MAHASISWA UNTUK BENTUK KARAKTER PEMUDA

adminpenrem 12/11/2015 0
Jpeg

Jayapura,- Langkah maju Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah membangun karakter pemuda – pemudi di mulai dari kampus.

Komandan Korem (Danrem) 172/Praja Wira Yakthi, Kolonel Infantri Sugiyono mengatakan TNI manunggal kampus adalah secara khusus diterapkan Korem untuk membangun karakter pemuda – pemudi di Papua.

 

“TNI manunggal desa, manunggal kesehatan juga ada. Saya melihat di Papua ini, kalangan kampus, akademisi, kalangan intelektual adalah pemuda – pemudi potensial di 50 tahun yang akan datang harus dimulai dari sekarang,” terang Sugiyono di Makorem 172/PWY, Rabu (11/11).

Ia mencontohkan seperti karakter dirinya terbentuk puluhan tahun lalu. Sehingga, kedepan pemuda-pemuda yang ada di kampus dapat mengikuti dirinya ataupun pemimpin-pemimpin lain yang ada saat ini.

Menurutnya, pemuda – pemudi kampus harus berpikir logis, berpikir akademis, sehingga mudah untuk mencerna dan menentukan yang baik, benar, dan yang baik harus dia lakukan,” pungkasnya.

Dikatakan, dari sebelas perguruan tinggi yang ada di Kota Jayapura, pihaknya telah melakukan program TNI manunggal kampus sebanyak tujuh perguruan tinggi dan sudah diberikan pembekalan secara kuliah umum untuk mahasiswa baru maupun mahasiswa senior.

Kemudian lanjutnya, ia juga mengajak mereka untuk meningkatan disiplin, melalui outbond, pembinaan menwa (Resimen Mahasiswa) digalakkan kembali.

Terkait dengan TNI manunggal kampus ini, pihaknya telah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) kepada beberapa perguruan tinggi terkait akan dilaksanakan materi-materi wawasan kebangsaan dan bela negara.

“Saya kira itu merupakan tugas dan tanggungjawab kita semua, bukan hanya TNI. Disitulah TNI menjadi top leadernya, memiliki kemampuan dan ilmu itu untuk ditransfer ke mahasiswa,”ujarnya. (Ramah)

Leave A Response »

*