Korem 172/PWY Gelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam

adminpenrem 01/12/2015 0

utamaAbepura – Salah satu tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yaitu bertugas untuk memberikan bantuan kepada pemerintah daerah dalam rangka penanggulangan bencana alam. Untuk itu, Korem 172/PWY menggelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam TA. 2015 yang dibuka oleh Kasrem 172/PWY Letkol Inf C.D.B Andries bertempat di Makorem 172/PWY, Selasa (1/12).

Dalam arahannya, Kasrem menyampaikan bahwa Korem 172/PWY sebagai satuan Kowil dijajaran Kodam XVII/Cenderawasih bertugas memberikan bantuan kepada pemerintah daerah dalam menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

“Tujuan dari pelaksanaan latihan ini yaitu agar setiap prajurit Korem 172/PWY memiliki tingkat kesiapsiagaan yang tinggi untuk mengantisipasi setiap kemungkinan yang terjadi di daerah terutama akibat dari bencana alam”, ujarnya.

Karena dampak dari peristiwa-peristiwa bencana alam tersebut banyak menimbulkan kerugian fisik dan mempengaruhi situasi dan kondisi di daerah yang dapat berpengaruh kepada sektor keamanan dan ketertiban masyarakat, kesehatan pendidikan, perekonomian dan kondisi sosial budaya masyarakat. Untuk itu pemerintah daerah dan satuan jajaran Kodam XVII/Cenderawasih baik kowil maupun nonkowil perlu tanggap untuk menyikapi dengan cepat dan secara simultan guna memberikan bantuan penanggulangan kepada masyarakat.

Selain itu, dalam latihan ini diharapkan akan tercapainya sinergitas kerjasama dengan Pemerintah Daerah dalam kegiatan penanggulangan bencana alam, serta mekanisme koordinasi kerjasama unsur militer dalam satu komando tanggap darurat bencana dan mekanisme operasional yang melibatkan bantuan militer dalam kegiatan penanggulangan bencana.

Pada hari pertama ini, para peserta penanggulangan bencana Korem 172/PWY menerima pembekalan dari Pihak BPBD, BMKG dan TATS.

DSC_5722DSC_5635

Leave A Response »

*