KODIM 1702/JWY LAKSANAKAN SOSIALISASI DALAM RANGKA PENCEGAHAN, PEMBERANTASAN, PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOBA (P4GN)

adminpenrem 14/03/2016 0

IMG_20160315_075814

Wamena, 14/03 Bertempat di Aula Ukhumiarek Asso Kodim 1702/JWY Jln. Yos Sudarso dilaksanakan Sosialisasi dalam rangka Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Dalam sosialisasi tersebut disampaikan oleh anggota Polres Jayawijaya a.n Bripka Yohanes Paimbonan yang didampingi oleh Ipda Viktor Wali, yang diikuti -+ 75 anggota, turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasdim 1702/JWY Mayor Inf Sapto Tiarso, Para Sepasi Kodim 1702/JWY, Perwira Makodim 1702/JWY serta perwakilan anggota dari koramil-koramil.

Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan tentang golongan Psikotropika menurut UU No. 5 tahun 1997, bahan-bahan adiktif lainya, pengetahuan tentang sifat-sifat NARKOBA, contoh-contoh Narkoba seperti ganja,  bunga dan buah koka, serbuk kokain, bunga dan buah opium, heroin/putauw, shabu-shabu, ekstasi, jenis-jenis minuman keras dari pabrikan maupun buatan sendiri yang sering disebut minuman lokal jenis Ballo, jalur-jalur peredaran Narkoba ke Indonesia maupun ke daerah-daerah atau kota yang ada di Indonesia, sasaran-sasaran pemasaran kebanyakan untuk kalangan pemuda karena rasa ingin mencoba sangat tinggi, lokasi-lokasi transaksi misalnya di kafe, bar, diskotik, kampus, hingga merambah ke tempat-tempat perbelanjaan. 

Dijelaskan juga tentang modus-modus pemasaran seperti dikasih gratis untuk awalnya, setelah ketagihan akan dijual dengan harga tinggi, Modus Operandi Penyelundupan untuk ganja biasanya menggunakan truk, untuk heroin bisa dibungkus plastik dan ditelan. Disampaikan juga tentang sebab-sebab penyalahgunaan Narkoba bisa dari faktor keturunan, rasa ingin tahu, kurang perhatian dari orangtua, karena faktor ekomomi dll, dampak penyalahgunaan Narkoba misal gangguan kesehatan, daya pikir lambat, karier hancur, drop out dari sekolah, keluarga tidak harmonis hingga mati konyol. Disampaikan juga cara menangani penyalahgunaan narkoba bisa dari keluarga, dengan psikiater ataupun dari tokoh-tokoh agama, dengan pemberian hukuman kurungan penjara dan denda.

Dengan adanya sosialisai tentang P4GN tersebut diharapkan anggota Kodim 1702/JWY mengetahui tentang Narkoba sehingga dapat terhindar dari bahaya narkoba yang dapat menghancurkan diri maupun keluarga. Disamping itu agar anggota tidak terlibat dengan barang haram tersebut walaupun dengan tawaran yang menggiurkan.IMG_20160315_075811IMG_20160315_075806

Leave A Response »

*