Pabung Kodim 1701/Jayapura Kabupaten Keerom Hadiri Rapat Menjelang 1 Mei 2016

adminpenrem 21/04/2016 0

photo_2016-04-21_14-54-18Keerom. Bertepat di ruang BK3, Kantor Bupati Keerom, Jln. Trans Irian, Distrik Arso, Kabupaten Keerom, telah berlangsung pertemuan antara unsur Pimpinan Pemda Keerom serta TNI Dan Polri dalam rangka membahas peringatan tanggal 1 Mei 2016 yang dikenal dengan hari kembalinya Irian Barat ke pangkuan NKRI.

Dalam pertemuan yang membahas tentang kegiatan sebelum dan sesudah tanggal 1 Mei 2016 tersebut dihadiri oleh kurang lebih 20 orang yang diantaranya adalah Sekda Kabupaten Keerom Petros salosa SE. M.Si, Kakesbangpol Kabupaten Keerom Sucahyo Agung Dwi Arianto, S. Ip.Si, Kapolres Keerom AKBP Marison Tobert H. Sirait, S.IK.M.A, Pabung Kodim 1701/Jayapura Mayor  Arh. Dwi Purwanto, Danden Sanda Kapten Inf Erwan, Danki Yonif 406/CK Kapten Inf Mas Agung, Pasi Intel Yonif 756/WMS Lettu Inf Sahriyadi, Kasat Intelkam Polres Kabupaten Jayapura Iptu Jan Victor Makanuay, Dantim Intel Korem 172/PWY Peltu Supari, Batihbansus Kodim 1701/Jayapura Serma Edi purwanto, Kejari Kabupaten Keerom Lucas Kubela dan Sekertaris Kesbangpol Kabupaten Keerom Jufri. Rabu (20/4)

Dalam sambutannya, Kakesbangpol Kabupaten Keerom menyampaikan yang intinya bahwa menjelang 1 Mei 2016 ini, akan dilaksanakan berbagai kegiatan yang diantaranya adalah penyerahan bibit kakao terhadap petani kakao, namun dalam penyerahannya, Pemerintah Daerah tidak menginginkan penyerahan bibit kakao tersebut hanya sebagai simbolis saja. Menjelang dan sesudah 1 Mei 2016 ini, akan dilaksanakan patroli bagungan antara TNI dan Polri serta menjelang 1 Mei 2016 ini pula akan diisi dengan berbagai kegiatan-kegiatan yang akan di laksanakan oleh Pemerintah Daerah.

Petrus Salosa SE. M.Si selaku Sekda Kabupaten Keerom menambahkan yang intinya menyampaikan ucapan maaf atas ketidak hadiran Bupati maupun Wakil Bupati yang sampai dengan saat ini masih urusan dinas lainnya.Mari kita isi peringatan hari bersejarah tersebut dengan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan sehingga kelompok-kelompok tertentu yang masih berfikir negatif tentang peringatan kembalinya Irian Barat ke pangkuan NKRI dapat merubah pola pemikiran mereka sehingga mereka turut andil dalam membangun Kabupaten Keerom ini. Kami mengucapkan terima kasi banyak kepada rekan-rekan Kominda yang mana telah melakukan pendekatan bersama masyarakat yang tergabung pada kelompok GSB sehingga dapat bergabung dan bersosialisasi kembali dengan masyarakat Kabupaten Keerom lainnya kemudian untuk Kodim 1701/Jayapura bahwa rencana awal pelaksanaan TMMD di Kabupaten Keerom akan direncanakan pada bulan Juli 2016.

AKBP Marison Tobert H Sirait, S.IK.M.A. Salaku Kapolres Keerom dalam rapat tersebut menyampaikan yang intinya bahwa yang paling penting yang perlu kita bahas adalah dinamika Kamtibmas yang terjadi di lingkungan kita untuk masa depan dan menjelang 1 Mei 2016, saya berharap kita semu bisa meminimalisir tentang situasi yang terjadi karena 1 Mei 2016 ini juga bertepatan dengan hari Buruh Nasional sehingga kita harus menyikapinya dengan baik. Masalah dualisme kepemimpinan KNPI adalah merupakan salah satu persoalan yang perlu di hadapi oleh Pemerintah Daerah. Kita perlu menjaga kemungkinan yang tidak diinginkan agar tidak terjadi perselisihan antara kedua kubu tersebut. Perlu di ketahui bersama tentang sebagian kecil warga Kabupaten Keerom telah terkontaminasi oleh organisasi KNPB yang saat ini telah telah membentuk sayap yang mana akan membut cabangnya di wilayah Kabupaten Keerom. Menjelang dan sesudah 1 Mei 2016 nanti mari kita buat suasana yang mempunyai kesan baik walaupun nantinya ada kegiatan patroli dan sweeping gabungan.

Mewakili Dandim 1701/Jayapura, Mayor Arh. Dwi Purwanto menyampaikan yang intinya bahwa kami berharap kepada Kesbangpol Kabupaten Keerom agar memberikan himbauan kepada seluruh Kepala Dinas, Kepala Distrik, Kepala Kampung, Ketua RT maupun RW agar pada hari peringatan kembalinya Irian Barat untuk memasang bendera Merah Putih di tiap-tiap instansi maupun Kampung halaman masing-masing.

Kami juga menyarankan agar pihak Pemda memutarkan film-film yang bertema perjuangan yang akan di tonton oleh masyarakat terutama pada anak-anak sekolah untuk mengisi jiwa kejuangan sejak usia dini. Kami juga menyarankan adanya pawai sepeda hias yang bertema Merah Putih.

Leave A Response »

*