Anggota Kodim 1702/Jayawijaya Antusias Mengikuti Penyuluhan Hukum Dari Tim Kumdam XVII/Cenderawasih

adminpenrem 14/06/2016 0

photo_2016-06-14_12-49-27Wamena, Senin (13/6) Pagi ini setelah pelaksanaan apel pagi ada hal lain yang dilaksanakan anggota Kodim 1702/JWY. Sesuai instruksi Kasdim 1702/JWY Mayor Inf Nurliwedie G, seluruh anggota, para Sepasi, Danramil serta PNS Kodim agar mengikuti penyuluhan tentang hukum.

Kegiatan yang diikuti oleh ± 70 orang tersebut dilaksanakan di Aula Ukhumiarek Asso Kodim 1702 JWY Jl. Yos Sudarso Distrik Wamena Kabupaten Jayawijaya. Penyuluhan tentang hukum tersebut disampaikan oleh Tim dari Kumdam XVII/Cend yang dipimpin Letkol CHK. S. Manurung, S.H, MH (Wakakumdam XVII/Cen).

Tim Kumdam XVII/Cend pemberi materi Mayor Chk Yuliana Yoku, (Pakumrem 172/PWY), Kapten Chk Andreas Wau Ledo, S.H (Pakumdam XVII/Cend) serta Sertu Minto sebagai (Operator).

Kapten Chk Andreas Wau Ledo, S.H menjelaskan Hukum Disiplin tentang penghapusan UU 26 Th 97 yang beralih ke UU 25 Th 2014 tentang Hukuman Disiplin Militer. Dimana untuk saat ini penjatuhan Hukuman Disiplin Militer UU yang dipakai adalah UU 25 Th 2014, karena dalam UU 25 telah dijelaskan secara terperinci mengenai :

Sanksi Adminitrasi dan Pelanggaran Dispilin Parajurit, dimana selama 4 hari melakukan THTI bisa diselesaikan secara Hukum Disiplin Militer tergantung Ankum serta penjelasan UU No 12 DRT Th 1951 tentang penggunaan Senjata Api.

Sedangkan Mayor Chk Yuliana Yoku menjelaskan tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), dimana KDRT bukan mencakup Kekerasan Fisik saja tetapi termasuk Kekerasan Mental/Psikis contohnya : mengolok/menjelekan istri serta tidak memberikan Nafkah/Gaji kepada Istri, pungkasnya.

Dengan adanya penyuluhan tersebut diharapkan anggota Kodim 1702/JWY dapat mengerti, memahami serta menghindari hal-hal yang berkaitan dengan hukuman disiplin militer yang dapat merugikan diri sendiri serta keluarga tentunya.

Leave A Response »

*