Anggota Koramil 1701-03/Abepura Sosialisasi Tentang Lahirnya Dasar Negara Pancasila Di SD Inpres Koya Koso

adminpenrem 06/06/2016 0

photo_2016-06-06_13-26-22Jayapura. Pancasila adalah Ideologi Dasar bagi Negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata Sanskerta yaitu Panca berarti Lima dan Sila berarti Prinsip atau Asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Lima sendi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Meskipun terjadi perubahan kandungan dan urutan lima sila Pancasila yang berlangsung dalam beberapa tahap selama masa perumusan Pancasila pada tahun 1945, tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila.

Mendasari tanggal 1 Juni sebagai hari peringatan lahirnya Pancasila yang merupakan Ideologi Dasar bagi Negara Indonesia, Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf M. Mahbub Junaedi memerintahkan kepada seluruh Koramil jajaran Kodim 1701/Jayapura untuk mensosialisasikan tentang lahirnya Pancasila sebagai Ideologi Dasar bagi Negara Indonesia karena menurut Dandim 1701/Jayapura, generasi muda kita sekarang ini banyak yang tidak paham dengan sejarah perjuangan Bangsa Indonesia.

Bertempat di SD Impres 1 Koya Koso Distrik Abepura, telah dilaksanakan sosialisasi tentang lahirnya Dasar Negara Pancasila oleh anggota Koramil 1701-03/Abepura yaitu Serda Yulius D yang diikuti sekitar 40 orang siswa dan siswi kelas 4 dan 5 SD Inpres Koya Koso. Jumat (3/6)

Turut hadir dalam sosialisasi tentang lahirnya Dasar Negara Pancasila tersebut adalah Kepala Sekolah SD Negeri Inpres Koya Koso Drs. Yance Renak, Wakil Kepala Sekolah SD Inpres Koya Koso Jimmy S. S.Pd, Wali Kelas 5 SD Inpres Koya Koso Mardi S.Pd, Wali Kelas 4 SD Inpres Koya Koso Ny. Yuli.

Adapun materi yang di berikan dalam sosialisasi tersebut adalah Tentang Sejarah terbentuknya Dasar Negara Pancasila, Sejarah Perjuangan Kemerdekaan, Lahirnya Dasar Negara Pancasila, Butir-butir Pancasila, Pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan tentang Bhineka Tunggal Ika.

Leave A Response »

*