DANREM 172/PWY PIMPIN UPACARA PENUTUPAN TMMD KE-96 TA. 2016

adminpenrem 03/06/2016 0

 

         KDSC_4650omandan Korem 172/PWY Kolonel Inf Teguh Pudjo Rumekso menutup kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) reguler ke-96 di Kampung Mafentor, Distrik Fi’en, Kabupaten Sarmi, Selasa 01 Juni 2016,dan dihadiri pula oleh Bupati Sarmi,Mesak Manibor, Dandim 1712/Sarmi Letkol Inf Leonard Sawerdani,Kapolres Sarmi AKBP Rahmat Siregar Tokoh Adat, Toma dan Tomas setempat.

            Di hadapan para hadirin, Danrem 172/PWY membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Moelyono bahwa TMMD sudah ada sejak 1980-an dengan nama ABRI Masuk Desa dan sudah berjalan kurang lebih 35 tahun. “Pelaksanaan TMMD kali ini, dimulai pada 3 Mei 2016, atau kurang lebih telah sebulan yang dilakukan oleh prajurit TNI dan dibantu pihak terkait. Saya apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu secara moril dan materiil, sehingga TMMD bisa terlaksana dengan baik,” katanya.

            DSC_4599Pada TMMD ke-96 tahun 2016 ini sebanyak 33 sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang tersebar di berbagai wilayah Kodam di seluruh Indonesia, diantaranya adalah pembangunan sarana transportasi berupa pembangunan jalan baru, rehabilitasi jalan, pengaspalan jalan, pemasangan paving dan pengerasan jalan/rabat beton/makadam. Sedangkan pembangunan infrastruktur lainnya yaitu pembuatan dan rehab jembatan, pembuatan tanggul dan gorong- gorong serta renovasi dan pembangunan rumah ibadah dan sekolah. Tidak kalah pentingnya juga pembangunan sarana sanitasi dan pusat-pusat kegiatan masyarakat. Kesemuanya itu telah tercapai seratus persen.

            Selain itu juga terdapat sasaran non-fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat, antara lain tentang Wawasan Kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, Kamtibmas, Bahaya Narkoba, Terorisme, kesejahteraan masyarakat, penanggulangan bencana alam, pertanian dan perikanan, KB dan kesehatan, serta teknologi tepat guna. Disamping itu dilakukan juga kegiatan olah raga dan kesenian, pengobatan massal, Bazar serta pembagian Sembako. Pembangunan non-fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa yang dilancarkan melaDSC_4572lui Proxy War berupa maraknya peredaran dan penyalahgunaan Narkoba, masih eksisnya bahaya terorisme, meningkatnya aksi kriminalitas secara kualitas dan kuantitas serta isu bangkitnya kembali komunisme baru. Oleh karenanya TMMD ini adalah salah satu upaya TNI AD dalam memperkuat pemberdayaan ketahanan masyarakat sebagai potensi kekuatan wilayah

            Selanjutnya, Danrem beserta rombongan serta Bupati Sarmi meninjau dan melihat lokasi TMMD pembangunan Gedung Gereja, Satu unit MCK, dilanjutkan dengan penanaman pohon di sekitar lokasi TMMD, Oleh Danrem 172/PWY, Bupati Sarmi, Dandim 1712/Sarmi dan Kapolres Sarmi.

Leave A Response »

*