Danpusterad Kunjungi Prajurit Di Perbatasan RI-PNG

adminpenrem 14/09/2016 0

20160914danpusterad600Jayapura – Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad) Mayjen TNI Purwadi Mukson bersama rombongan mengunjungi prajurit satuan tugas (Satgas) pengamanan perbatasan (Pamtas) RI-PNG di Skouw-Wutung, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua.

Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-PNG dari Yonif 122/TS Letkol Inf Kohir ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Rabu mengatakan, kunjungan Mayjen TNI Purwadi Mukson bersama rombongan ke perbatasan RI-PNG sektor utara pada Selasa pagi pukul 10.50 WIT.

“Beliau didampingi pejabat Kodam Cenderawasih dan pengurus Persit, diantaranya Aster Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Edward Sitorus beserta ibu dan Dirbindiklat Pusterad Kolonel Inf Sugiyono beserta ibu,” katanya.

Selain itu, ada juga Dandim 1701/Jayapura Letnan kolonel Inf M Mahbub Junaidi, Kasiter Korem 172/PWY Mayor Inf Heri Krisdianto, Staf Dirbindiklat Pusterad Mayor Inf Ulil Amri, Ketua Persit KCK PD XVII/Cenderawasih Ny Hinsa Siburian beserta pengurus dan Ketua Persit Koorcabrem 172 Ny Teguh Pujo Rumekso beserta pengurus.

Selama beberapa jam di Pos Kotis Satgas, Danpusterad dan rombongan mendengarkan paparan terkait tugas Satgas Pamtas RI-PNG dan memberikan arahan.

“Jadi, saya paparkan kepada Danpusterad soal keadaan pasukan dan kondisi masyarakat di daerah operasi, materi Binter baik itu metode dan teknik Binter yang diterapkan di Rah Ops hingga hasil dan hambatan serta upaya untuk mengatasinya,” katanya.

Sementara arahan dari Danpusterad, kata Kohir diantaranya mengapresiasi tugas prajurit Satgas Pamtas sektor utara.

“Danpusterad sampaikan bahwa keberhasilan tugas ditentukan oleh karakter kepemimpinan Dansatgas dan para perwiranya yang dituntuy harus bijak dan cerdas selama laksanakan tugas operasi, termasuk koordinasi dan komunikasi yang lancar dengan kepala daerah dan satuan samping,” katanya.

Sedangkan arahan dari Dirbindiklat Kol Inf Sugiyono, mantan Danrem 172/PWY menekankan pada fungsi Binter sebagai pintu gerbang pertahanan nasional, membangun masyarakat dengan sikap teritorial.

“Serta cepat tanggap menanggapi ancaman baik dari luar maupun dari dalam negara Indonesia,” katanya.

Usai mendengar paparan dan memberikan arahan, Danpusterad serta rombongan kata Kohir, meninjau lintas batas dan foto bersama prajurit Satgas Pamtas Yonif 122/TS.

Leave A Response »

*