Danrem 172/PWY Panen Raya Bersama Masyarakat Di Keerom

adminpenrem 16/09/2016 0

photo_2016-09-16_09-14-14Keerom – Kamis (15/9), Danrem 172 Praja Wira Yakthi, Kolonel Inf Teguh Pudjo Rumekso menyempatkan diri hadir ditengah-tengah masyarakat di Distrik Senggi Kab. Keerom bersama Satgas Pamtas Yonif 700/WYC untuk memanen hasil kebun yang telah ditanamai sejak dua bulan terakhir.

Panen raya ini berlangsung di areal percontohan kebun milik warga yang dikelola Pos Kotis Satgas Pamtas Raider 700/PWC bersama masyarakat setempat. Tanaman yang di panen berupa sayuran seperti sawi, kangkung, kacang panjang, pare, dan ketimun.

Danrem 172/PWY mengatakan Papua sangat kaya akan isinya, ia berharap panen raya ini sebagai bukti bahwa masyarakat dapat meningkatkan mutu dan hasil kebun mereka yang nantinya dapat dijual ke pasar setempat maupun dapat dikirim ke pasar di Kota Jayapura.

“Saya harap masyarakat bisa menggunakan dengan baik daerah ini karena dilihat dari kondisi alam sangat mendukung untuk bercocok tanam,” kata Kolonel Inf Teguh Pudjo Rumekso.

172_8142Kedepan, dikatakan Danrem, Yonif Raider 700/WYC terus menggerakkan dan membantu masyarakat bercocok tanam dengan membentuk kelompok-kelompok Tani yang rencananya akan di lakukan pada sekitar lahan daerah sekitar Pos Kotis Satgas Yonif Raider 700/WYC. Danrem juga menghimbau agar masyarakat tak menanam ganja di daerah perbatasan.

“Jangan karena kondisi tanah disini subur sehingga masyarakat menanam ganja, itu sangat berbahaya dan dampaknya sangat tidak baik,” kata Danrem.

Ditempat yang sama, Dansatgas Pamtas Raider 700/PWC Letkol Inf Horas Sitinjak mengatakan Satgas Yonif Raider 700/ WYC walaupun sedang bertugas menjaga perbatasan paling Timur Indonesia juga bisa melaksanakan kegiatan ketahanan pangan secara maksimal.

“Dalam rangka memanfaatkan lahan yang ada di sekitar pos, saya menekankan kepada seluruh jajarannya agar aktif melaksanakan kegiatan ketahanan pangan,” kata Letkol Inf Horas Sitinjak.

Ia juga mengaku beberapa anggotanya saat ini tengah mendapatkan pendidikan bercocok tanam di Makassar, Sulawesi Selatan. Nantinya apabila sudah balik dapat memberikan ilmu tersebut kepada petani di Kabupaten Keerom.

“Anggota saya masih ada yang pelatihan bercocok tanam di Makassar, kedepan merekalah yang menjadi ujung tombak untuk meningkatkan kualitas dan cara bercocok tanam yang baik kepada masyarakat di sini,” ujarnya.

Selain panen raya, masyarakat kampung yang berada di distrik Senggi juga menerima bantuan sembako dan pakaian layak pakai berupa 1,1 Ton beras, 60 dus Mie Instan dan Pakaian 3 koli yang dibagikan oleh Danrem 172/PWY kepada masyarakat.

172_8176

 

Leave A Response »

*