Satgas Yonif Mekanis 516/CY Ajarkan Semangat Bela Negara

adminpenrem 01/09/2016 0

photo_2016-09-01_14-56-50Keerom. Bela Negara merupakan sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa negara seutuhnya. Rabu (31/08)

Era reformasi membawa banyak perubahan di hampir segala bidang di Republik Indonesia. Perubahan yang ada tentunya ada perubahan yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat, tetapi ada juga perubahan yang negatif yang pada gilirannya akan merugikan bagi keutuhan wilayah dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Guna mencegah potensi ancaman yang diakibatkan perubahan yang berdampak negatif dan dalam rangka Pelatihan Kepemimpinan Pendidik dan Kependidikan guna peningkatan mutu sekolah, Satgas Yonif Mekanis 516/CY memberikan sosialisasi tentang Bela Negara kepada Staf dan Pengajar SMAK St. Arnoldus Janssen Keerom.

Sosialisasi disampaikan oleh Pabintal Satgas Yonif Mekanis 516/CY Mayor Caj Sarto. Dalam sosialisasi tersebut Mayor Caj Sarto menyampaikan bahwa Bela Negara tidak semata mata merupakan kewajiban dan tanggung jawab Tentara Nasional Indonesia (TNI), tetapi merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara Republik Indonesia, sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 30 UUD 1945.

Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si selaku Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 516/CY menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kami dalam menumbuh kembangkan jiwa kesadaran bela negara guna menangkal berbagai potensi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan baik yang datang dari luar maupun dari dalam negeri. Bela negara tidak harus selalu mengangkat senjata menghadapi musuh, keterlibatan masyarakat sipil dalam bela negara secara non fisik dapat dilakukan dengan berbagai bentuk kegiatan positif dalam segala situasi, salah satunya berperan aktif meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap hukum/undang-undang, ujar Letkol Inf Lukman Hakim, S.Si.

Bapak Dominikus Dagum, S.Pd,. M.M.Pd. selaku Kepala SMAK St Arnoldus Janssen dan sekaligus mewakili Pimpinan Dekenat Keerom mengucapkan terima kasih atas sosialisasi yang disampaikan oleh Satgas Yonif Mekanis 516/CY dan berharap kegiatan bela negara diberikan kepada peserta didiknya melalui kegiatan Pramuka dan kegiatan ekstra kurikuler lainnya.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Pastor Kepala Paroki Sang Penabur Skanto Kab. Keerom dengan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 516/CY dalam rangka Pelatihan Kepemimpinan Pendidik dan Kependidikan guna peningkatan mutu sekolah SMAK St. Arnoldus Janssen Keerom yang diketuai oleh Bapak Ubaldus Loza, S.Ag.

Leave A Response »

*