Danrem 172/PWY Siapkan Prajurit Bantu Pengamanan Pilkada

adminpenrem 15/11/2016 0

172_0525Abepura – Komandan Korem 172/PWY Kolonel Inf Teguh Pudjo Rumekso mengaku tengah menyiapkan prajurit TNI untuk membantu pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2017.

“Prajurit TNI di wilayah teritorial saya, siap membantu pengamanan pilkada yang tentunya sesuai dengan permintaan kepolisian setempat”, kata Danrem 172/PWY Kolonel Inf Teguh Pudjo Rumekso di Jayapura sabtu 12 November lalu.

Menurut dia daerah yang akan melaksanakan pilkada serentak pada februari 2017 diwilayah teritorialnya sebanyak 5 kabupaten dan satu kota yakni kota jayapura, kabupaten jayapura dan kabupaten sarmi.

“lalu, Kabupaten tolikara, kabupaten nduga dan kabupaten lany jaya”, katanya.

Teguh mengemukakan wilayah jayapura dan sekitarnya sudah ada personil Kodim yang disiapkan, termasuk akan menggerakkan prajurit dari Yonif 751/R dan prajurit Yonif 756/WS.

“Untuk di Tiom, Kab Lany JAya dan KArubaga, Kab Tolikara, Kami punya pasukan yang telah tergelar sebanyak 1 SSK, ditambah lagi dengan personel Koramil, Pabung dan Satgas”, katanya.

Begitupun di Kab Nduga, kata dia, ada juga pasukan selain personel dari Koramil, Pabung dan Yonif 755.

“ini tinggal nanti kami liat pada hari H. Memang sekarang masa kampanye, kami tetap monitor. Sementara kegiatan-kegiatan teritorial tetap dilaksanakan, seperti karya bhakti dan bahakti sosial tetap berjalan”, katanya.

Teguh mengatakan bahwa pilkada merupakan pesta demokrasi yang akan memilih pemimpin daerah sehingga sudah seharusnya tipa warga dan pemangku kepentingan ikut ambil bagian guna menyukseskannya.

“Kan ini (Pilkada) untuk kepentingan kita semua, bukan hanya TNI dan Polri, tetapi kepentingan Papua, kepentingan bangsa semua. jadi situasi seperti ini semata-mata tidak TNI dan Polri tetapi komponen bangsa lainnya, ikut bertanggung jawab untuk suksesinya”, katanya.

Ia juga menegaskan bahwa prajurit TNI tetap bersikap netral dalam pilkada serentak 2017.

“Perintahnya sudah jelas, Netral. ngak ada yang coba-coba. Dari panglima TNI melalui presiden Jokowi tegas Netral, Pangdam cenderawasih juga sudah sampaikan dan setiap brifing saya juga tegaskan berulang-ulang kita netral”, katanya.

 

Leave A Response »

*