27/10/2020

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

BERBUAT TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

Di tahun 2016, TNI Berhasil Mencapai Berbagai Prestasi

172_7903Abepura – Selasa (17/1), Bertempat di lapangan upacara Makorem 172/PWY, seluruh prajurit dan ASN Korem 172/PWY melaksanakan upacara bendera 17-an bulan Januari 2017. Bertindak sebagai Inspektur upacara Kepala Staf Korem (Kasrem) 172/PWY Letkol Inf J.A Krismadi.

Dalam amanat Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang dibacakan Oleh Kasrem menyampaikan bahwa selama kurun waktu satu tahun, setiap prajurit TNI dan ASN dengan semangat kerja yang dilandasi tanggung jawab yang tinggi dan disiplin, telah banyak berbuat sesuai dengan tugas yang diamanahkan kepada TNI baik Operasi Militer untuk Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Khususnya dalam tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP), sangat banyak yang telah dikerjakan oleh prajurit TNI bahkan melebihi panggilan tugas, seperti penanggulangan gangguan keamanan akibat ulah aksi-aksi kelompok teroris di Poso Sulawesi tengah, dimana TNI bersama Polri yang tergabung dalam Satgas Operasi Tinombala berhasil mereduksi kekuatan teroris bahkan mampu melumpuhkan pimpinannya.

Serta penanggulangan bencana alam dan kebakaran hutan di beberapa wilayah, khususnya bencana alam di Jawa Tengah, Jawa Barat, Aceh dan Bima.

172_7927Demikian juga pelaksanaan tugas luar negeri, prajurit TNI yang tergabung dalam Pasukan Perdamaian PBB, dinilai berhasil karena dapat melaksanakan tugas dengan baik serta mendapat apresiasi dari masyarakat Internasional.

Dari semua prestasi tersebut berdampak pada terbangunnya kepercayaan masyarakat terhadap TNI. Maka tidak diragukan lagi publik menilai bahwa institusi TNI yang paling dipercaya dan rakyat tetap mencintai TNI.

Panglima TNI mengingatkan bahwa tantangan pada tahun ini akan semakin kompleks dan tidak ringan, salah satunya adalah semakin masifnya penggunaan media sosial.

Media sosial menjadi medan pertempuran baru oleh sekelompok masyarakat untuk mencapai tujuannya. Penyebaran informasi dan berita-berita bohong (hoax) melalui media sosial dapt menyababkan perpecahan, membahayakan persatuan dan kesatuan, kebhinnekaan dan munculnya radikalisme.

Guna membentengi pengaruh negatif dari penggunaan media sosial oleh kelompok yang tidak bertanggung jawab dengan menyebar berita bohong (hoax) tersebut, kepada seluruh prajurit dan ASN TNI agar tidak mudah percaya pada berita tersebut, tetapi percayalah kepada komandan satuan.

Prajurit dan ASN TNI harus cerdas, pandai memilah dan memilih berita yang positif dan bermanfaat.

Berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada dalam waktu dekat, Panglima TNI menegaskan bahwa TNI harus Netral dan ikut menjamin pilkada berjalan aman, damai dan lancar. Seluruh Prajurit TNI harus tetap bersikap netral dan melaksanakan pengamanan sesuai dengan prosedur yang berlaku.