29/05/2020

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

BERBUAT TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

Dandim 1701/Jayapura Beserta Jajaran Siap Amankan Pemilukada Serentak

photo_2017-02-09_11-36-51Jayapura. Menjelang Pemilukada Kota dan Kabupaten Jayapura yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2017, Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf M. Mahbub Junaedi memberikan pembinaan teknik dalam rangka pengamanan Pilkada serentak di wilayah Kodim 1701/Jayapura kepada Danramil wilayah Kota dan Kabupaten Jayapura beserta 100 orang anggota, Rabu (8/2).

Pembinaan teknik dalam rangka Pilkada serentak yang diberikan langsung oleh Dandim 1701/Jayapura tersebut menjelaskan tentang mekanisme pengamanan anggota Koramil jajaran Kodim 1701/Jayapura yang di perbantukan untuk mem back up pihak Kepolisian dalam menjaga keamanan pada saat Pemilukada berlangsung. Hal tersebut dimaksudkan agar seluruh anggota dapat mengerti tentang tupoksinya pada saat Pemilkuda berlangsung.

Selain memberikan pembinaan teknik dalam rangka pengamanan Pilkada serentak, Dandim juga menjelaskan tentang kerawanan konflik dari masing-masing pendukung pasangan calon dalam Pemilukada pada saat sebelum, selama dan sesudah Pemilukada berlangsung. Dandim menekankan kepada seluruh Danramil beserta anggotanya agar dalam setiap mengambil tindakan tidak boleh ceroboh dan harus selalu melaporkan setiap ada kejadian dan perkembangan situasi di wilayah binaannya kepada Danramil masing-masing sehingga dapat diambil langkah-langkah penanganannya.

Letkol Inf M. Mahbub juga tidak lupa menjelaskan pesan dari Panglima TNI Jendral TNI Gatot Nurmantio tentang Netralitas TNI yang betul-betul harus dijaga dan dipedomani oleh seluruh anggota Kodim 1701/Jayapura, sehingga anggota tidak salah mengambil langkah karena ancaman hukumannya sangat berat.

“200 orang anggota Kodim 1701/Jayapura siap untuk mengamankan Pemilukada serentak Kota dan Kabupaten Jayapura sehingga diharapkan agar dalam Pemilukada serentak ini tidak terjadi konflik antara pendukung masing-masing pasangan calon. Apabila terjadi konflik, maka anggota Kodim 1701/Jayapura siap untuk membantu pihak Kepolisian mengamankan jalannya Pemilukada Kota dan Kabupaten Jayapura”. Ungkap Dandim