27/10/2020

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

BERBUAT TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

Jalin Keakraban, Babinsa Ikut Tradisi Bakar Batu Bersama Masyarakat

Abepura – Tugas Babinsa sebagai ujung tombak TNI AD diwilayah mempunyai peran penting dalam melakukan deteksi dan cegah dini akan semua tindakan yang bertentangan dengan Pancasila serta ancaman bagi kedaulatan NKRI.

Salah satu tugasnya yaitu melaksanakan komunikasi sosial di daerah binaannya dengan merangkul seluruh elemen masyarakat baik tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat hingga unsur Muspida setempat.

Seperti yang dilaksanakan oleh Babinsa Koramil 1702-03/Wamena Sertu Susanto dan 3 orang anggota yang melaksanakan komunikasi sosial dengan warga masyarakat di Kampung Potikelek Distrik Wamena yang menjadi daerah binaannya, Jum’at (17/2).

Menurut Susanto, Komunikasi sosial sangat penting sebagai bentuk kegiatan pembinaan teritorial kepada masyarakat dalam menjalin keakraban antara TNI dengan masyarakat.

“Bertepatan hari ini juga, masyarakat kampung potikelek mengadakan acara adat yaitu tradisi bakar batu. Dimana acara bakar batu ini merupakan kegiatan kebersamaan antar masyarakat kampung ini”, katanya.

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan kegiatan tradisi bakar batu tersebut guna mewujudkan keakraban dan kebersamaan antar warga yang selalu ditunjukkan oleh masyarakat kampung potikelek.

Bapak Sarungga sebagai Tokoh Adat setempat menyampaikan kami selalu melaksanakan bakar batu, sisi lain bakar batu ini adalah adat di papua untuk kebersamaan masyarakat di kampung potikelek distrik wamena ini.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Babinsa untuk meluangkan waktunya hadir dlm acara bakar batu ini. Kami warga kampung Potikelek ingin lebih akrab dengan para aparat yang selalu ada dalam membantu kesulitan yang kami hadapi”, katanya.

“Maka dari itu, kami mengundang para Babinsa untuk ikut menyatu dalam acara bakar batu kami ini, sebagai bentuk keseriusan kami para warga dalam menjalin silaturahmi dan keakraban antar sesama. Karena kami berharap TNI dan masyarakat dapat bekerjasama dalam segala hal dan tentunya dapat terjalin komunikasi yang baik pula”, imbuhnya.