Prajurit TNI Bantu Warga Siapkan Lahan Perkebunan

adminpenrem 05/02/2017 0

photo_2017-02-05_16-44-57Jayapura. Hampir di seluruh wilayah Kabupaten Jayapura, penduduknya bergerak dalam kegiatan sektor primer, yaitu kegiatan perekonomian yang langsung mengandalkan nilai ekonomis dari potensi sumberdaya alam, dimana alokasi ruang untuk kegiatan primer ini masih termasuk yang terbesar, karena kegiatan masyarakat yang masih didominasi pada sumber-sumber daya alam yang tersedia, seperti di bidang pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.

Pengembangan wilayah adalah upaya untuk mengelola prioritas masing-masing wilayah sesuai dengan kondisi dan pontesi unggulan daerah, agar masing-masing wilayah dapat meningkatkan taraf hidup masyarakatnya sesuai dengan potensi wilayah tersebut.

Di Kampung Muris Kecil, Distrik Demta, Kabupaten Jayapura, anggota Koramil 1701-12/Demta, dibawah pimpinan Sertu Zahrudin membantu salah satu warga kampung Muris Kecil, Yakobus Umbapar menyiapkan lahan untuk dijadikan sebagai lahan perkebunan, karena di Distrik Demta, seluruh permukaan tanahnya berbatu sehingga hampir seluruh wilayah Distrik Demta hanya dapat digunakan untuk lahan perkebunan. Rabu (1/2)

photo_2017-02-05_16-45-06Alasan tersebutlah yang membuat Yakobus Umbapar memutuskan untuk mencoba menyiapkan lahan perkebunan percontohan bagi warga masyarakat Distrik Demta lainnya untuk mau berusaha meningkatkan taraf hidup masing-masing karena di Distrik Demta, biaya kebutuhan sehari-hari tidaklah sedikit dikarenakan harga bahan-bahan pokok kebutuhan keluarga sangat mahal.

Melihat kemauan Yakobus Umbapar untuk berusaha memberikan contoh kepada warga masyarakat Distrik Demta lainnya, anggota Koramil 1701-12/Demta pun langsung membantu penyiapan lahan untuk perkebunan yang luasnya mencapai kurang lebih 1 Hektar dan rencananya akan ditanami jagung, kacang tanah dan cabai.

Ini merupakan langkah awal bagi warga kampung Muris Kecil, kedepannya kami akan terus berusaha untuk mendorong dan membantu warga Distrik Demta agar mau berusaha membuka lahan perkebunan seperti yang dilakukan oleh Yakobus Umbapar agar dapat meningkatkan taraf hidup mereka. “Ungkap Sertu Zahrudin”

Leave A Response »

*