Babinsa Olah Sagu Bersama Warga Kampung Beneik

adminpenrem 24/03/2017 0

Jayapura – Meski Indonesia menyimpan keberagaman pangan lokal di berbagai daerah seperti sagu, negara kita masih tetap mengimpor beras setiap tahunnya walaupun produksi beras dalam negeri masih sangat mencukupi. Di beberapa daerah, sagu juga dapat digunakan sebagai makanan pokok pengganti beras serta sebagai bahan pangan lainnya.

Seperti yang dilakukan oleh masyarakat Kampung Beneik, Distrik Unurum Guay, Kabupaten Jayapura yakni Meri Sobor dan Beti Sobor yang sedang memanen pohon sagu untuk nantinya diolah menjadi bahan makanan pokok sehari-hari. Melihat hal tersebut, Serka Sudarno selaku Babinsa Kampung Beneik, Koramil 1701-16/Unurum Guay turut membantu Meri Sobor dan Beti Sobor dalam memotong-motong dan membela batang sagu. Selain itu, Serka Sudarno juga turut membantu dalam proses pengolahan batang sagu yang nantinya akan menjadi tepung sagu yang siap dijadikan sebagai bahan pangan, Kamis (23/3).

Proses pengolahan sagu tidak semudah yang dibayangkan karena dalam proses mengestrak pati dari pohon sagu membutuhkan waktu yang cukup lama sehinnga dapat menguras banyak tenaga karena proses ini sering dilakukan secara manual dan untuk menghasilkan sagu yang berkualitas tinggi, lokasi pembuatan tempat mengestrak pohon sagu yang akan diolah harus dekat dengan sumber Air/Sungai.

Selain membantu warga dalam proses pengolahan sagu, Serka Sudarno juga memberikan bantuan berupa satu buah drum kepada para warga untuk digunakan menampung air dalam proses pengolahan sagu kedepannya.

Meri Sobor dan Beti Sobor sangat berterima kasih atas kepedulian para Babinsa Koramil 1701-16/Unurum Guay yang telah dengan ikhlas dan tanpa pamrih membantu warga Distrik Unurum Guay dalam setiap kegiatan.

Leave A Response »

*