28/10/2020

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

BERBUAT TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

Cuaca Buruk, Nelayan Diharapkan Memanfaatkan Waktu Dengan Bertani

Jayapura – Dalam kunjungannya ke Kampung Dormena, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Danramil 1701-10/Depapre Lettu Inf Y. Simbiak beserta dua orang anggota melaksanakan komunikasi sosial terhadap Ketua Kelompok Nelayan Kampung Dormena Imanuel Apaseray, Kamis (16/3).

Cuaca buruk dan tingginya gelombang, disertai dengan hembusan angin laut yang kencang serta hujan lebat memaksa nelayan di kampung Dormena, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura enggan untuk melaut mencari ikan beberapa minggu terakhir ini. Hampir seluruh kapal kecil milik nelayan kampung Dormena terlihat diparkir di sepanjang pantai kampung Dormena. Terlihat pula para nelayan lebih memilih untuk membuat perahu baru dibandingkan melaut karena cuaca buruk dapat membahayakan keselamatan para nelayan.

Menurut Imanuel Apaseray selaku Ketua Kelompok Nelayan kampung Dormena bahwa cuaca di laut beberapa bulan terakhir ini tidak menentu dan lebih banyak nelayan tidak melaut karena cuaca buruk sehingga sebagian nelayan ada yang membuat perahu baru, ada yang membenahi perahu yang sebagian sudah usang dimakan waktu dan adapula yang memilih untuk beristirahat saja dirumah.

“Biasa hujan lebat di darat sudah berhenti dan hembusan angin kencang sudah tidak ada namun ditengah laut malah berbeda, hujan badai dan gelombang tinggi sering dijumpai oleh para nelayan yang sedang melaut sehingga kebanyakan nelayan tidak mau melaut untuk menghindari bahaya yang dapat mengancam keselamatan jiwa para nelayan”. Ungkapnya

Mendengar keluh kesah para nelayan kampung Dormena tersebut, Lettu Inf Y. Simbiak selaku Danramil 1701-10/Depapre memberikan masukan kepada para nelayan agar kedepan, ikan hasil tangkapan para nelayan agar tidak dijual ke tengkulak melainkan dijual langsung ke pasar terdekat sehingga konsumen juga tidak membeli ikan dengan harga yang sangat mahal. Selain itu, diwaktu senggang seperti saat sekarang ini, agar memanfaatkan waktu untuk mencari tambahan penghasilan, dengan cara membuka lahan untuk dijadikan sebagai lahan perkebunan agar dapat menambah perekonomian keluarga dibandingkan hanya berdiam diri dan tidak berbuat sesuatu yang bermanfaat.

Melihat kondisi saat ini, biaya hidup yang semakin hari semakin tinggi, kita harus dapat melihat, membaca dan memanfaatkan kekayaan alam kita untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan agar dapat menambah perekonomian keluarga. Daripada hanya berdiam diri, lebih baik kita membuka lahan untuk berkebun karena di daerah kita ini, kita tidak bisa membuka lahan untuk persawahan seperti di daerah-daerah lain. Unkap Danramil

Lettu Inf Y. Simbiak juga berharap agar warga masyarakat kampung Dormena yang hampir seluruh penduduknya berprofesi sebagai nelayan agar tidak hanya menggantungkan hidupnya dari hasil laut akan tetapi juga membuka peluang usaha di bidang pertanian karena di bidang pertanian juga tidak kalah menguntungkan daripada hasil laut.