Hadirnya Babinsa, Sangat Membantu Petani Distrik Skanto Kabupaten Keerom

adminpenrem 29/03/2017 0

Keerom – Kualitas benih padi yang disemai sejak awal sangat mempengaruhi mutu dan kualitas hasil padi saat dipanen, selain kualitas benih padi, faktor penunjang lain seperti pengairan, sistem tanam, cuaca dan ketahanan terhadap penyakit juga sangat berpengaruh besar dalam mendapatkan hasil yang maksimal pada saat panen tiba.

Di Kampung Jaefuri, Distrik Skanto, Kabupaten Keerom, Babinsa Koramil 1701-23/Skanto Sertu Dimyati bersama warga sekitar membantu Martono selaku pemilik lahan sawah yang sedang menyemai bibit padi yang akan ditanam di lahan sawah milik Martono yang sudah diolah dan siap ditanami. Selasa (28/3)

Luas lahan sawah yang akan ditanami tersebut, mencapai 2 Hektar dengan ditanami bibit padi IR 46 dimana bibit padi IR 46 adalah merupakan bibit padi unggulan masyarakat Kabupaten Keerom karena bibit padi IR 46 hanya memiliki umur panen  selama 115 hari kemudian hasil produksi per hektar mencapai 5-7,2 ton, selain itu bibit padi IR 46 juga tahan terhadap hama wereng coklat serta tahan terhadap kerusakan daun dan virus tungro.

Sertu Dimyati mengatakan bahwa pentingnya benih dengan kualitas terbaik adalah sebagai kunci utama untuk meningkatkan hasil produksi bahan pangan, terutama komoditas padi. “Kuncinya adalah pada saat pemilihan benih yang akan ditanam, apabila benihnya bagus, dengan hektar yang sama tapi hasilnya bisa dobel”, Ungkap Sertu Dimyati

Sertu Dimyati juga menegaskan kepada para petani lainnya, bahwa walaupun benih padi yang ditanam adalah merupakan farietas unggulan akan tetapi jika cara pemeliharaannya kurang benar, pasokan pupuknya kurang, jarang disemprot dengan obat pembasmi hama, maka hasilnya juga tidak akan bisa maksimal.

Martono selaku pemilik lahan sangat berterima kasih kepada Sertu Dimyati selaku Babinsa Koramil 1701-23/Skanto yang sudah mau membantu para petani yang ada di wilayah Distrik Skanto, Kabupaten Keerom dan selalu memberikan masukan kepada para petani untuk meningkatkan pertanian agar mendapatkan hasil produksi yang maksimal.

Leave A Response »

*