28/10/2020

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

BERBUAT TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

Komunikasi Sosial Koramil 1701-10/Depapre Untuk Tingkatkan Swasembada Pangan

Jayapura – Babinsa Koramil jajaran Kodim 1701/Jayapura terus-menerus menggalakkan berbagai cara untuk melaksanakan komunikasi sosial kepada masyarakat sebagai salah satu upaya untuk mensukseskan program Upsus Swasembada Pangan di wilayah binaan Koramil jajaran Kodim 1701/Jayapura meskipun tidak semua wilayah dapat dijadikan sebagai lahan sawah.

Kegiatan komunikasi sosial merupakan satu wadah yang sangat bermanfaat, untuk membangun komitmen dan menyatukan tujuan dan persepsi masyarakat dengan pemerintah dalam mewujudkan program pemerintah dalam bidang Upsus Swasembada Pangan demi mensejahterakan rakyat.

Untuk membantu mewujudkan program pemerintah dalam bidang UpsusĀ  Swasembada Pangan Nasional, anggota Koramil 1701-10/Depapre melaksanakan komunikasi sosial terhadap warga masyarakat kampung Dormena, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura. Rabu (15/3)

Serka Kwano dan Serda Hans Yangroseray adalah Babinsa Koramil 1701-10/Depapre yang melaksanakan komunikasi sosial terhadap salah satu warga kampung Dormena yakni bapak Benyamin Apaseray agar memanfaatkan lahan kosong untuk dijadikan lahan perkebunan dimana hampir seluruh lahan di Distrik Depapre tidak bisa dijadikan sebagai lahan persawahan karena kontur tanah yang berbukit.

Menurut Serka Kwano, bahwa lahan di Distrik Depapre memang tidak bisa digunakan sebagai lahan persawahan akan tetapi lahan tersebut sangat cocok digunakan untuk lahan perkebunan untuk ditanami cabai dan tomat apalagi saat-saat sekarang ini, harga cabai dipasaran membumbung tinggi yakni berkisar antara 150.000 sampai 180.000 per kilogram.

Serka Kwano juga berharap agar dengan adanya komunikasi sosial tersebut, dapat memotivasi warga masyarakat untuk tidak mengandalkan hasil laut saja demi menopang perekonomian mereka, akan tetapi dengan membuka lahan pertanian, juga dapat meningkatkan perekonomian keluarga. Selain itu juga, dapat meningkatkan daya saing produksi pertanian sehingga sejalan dengan tujuan pemerintah yaitu menetapkan Swasembada Pangan berkelanjutan untuk membangun kedaulatan pangan dan ketahanan pangan nasional.