21/09/2020

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

BERBUAT TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

Pengobatan Massal Kerjasama Kemenkes RI Dan TNI AD Warnai TMMD Ke-98 Kodim 1701/Jayapura

Keerom. Peduli terhadap kesehatan, Kementerian Kesehatan RI bekerjasama dengan Kodam XVII/Cenderawasih melaksanakan pengobatan massal di Kampung Sach, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua dengan thema “Melalui kegiatan KB Kesehatan, Kita Wujudkan Keterpaduan Pelaksanaan Program KB Kesehatan yang Dilaksanakan Oleh TNI, Pemerintah dan BKKBN Guna Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat di Daerah”. Rabu (12/4)

Seluruh warg Kampung Sach berbondong-bondong datang untuk mendaftarkan diri demi mendapatkan pelayanan kesehatan atas kerjasama Kementerian Kesehatan RI dan Kodam XVII/Cenderawasih dalam program TMMD Reguler ke-98 Tahun 2017 Kodim 1701/Jayapura. Balai Kampung yang baru dibangun oleh Satgas TMMD Kodim 1701/Jayapura adalah sarana yang digunakan dalam pelaksanaan pengobatan massal meski belum 100% selesai.

Pelaksanaan Pengobatan Massal di lokasi TMMD Reguler ke-98 Kodim 1701/Jayapura tersebut dihadiri oleh Dandenkesyah Letkol Ckm Y. Goncalves, Pasi Bhakti TNI Rem 172/PWY Mayor Inf Fauzi, Kapten Inf K. B. Murtono mewakili Dandim 1701/Jayapura, Danramil 1701-06/Waris Kapten Inf Musa Siep, Novita Violeta mewakili Kementerian Kesehatan RI, Kepala Dinas Kesbangpol Kab. Keerom Drs. Minggu Bandua, Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Papua Angga Iya Mandowen SKM dan Perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Keerom Pargomgomen Panjaitan.

Dalam sambutannya, Kapten Inf K.B. Murtono mewakili Dandim 1701/Jayapura mengatakan bahwa dalam program TMMD ini, ada sasaran fisik dan sasaran non fisik, yang mana sasaran fisik ini terdiri dari pembangunan rumah warga, rumah sosial, posyandu pembantu dan pengerasan jalan. Kita patut bersyukur karena pada saat ini, sasaran non fisik berupa penyuluhan kesehatan dan pengobatan massal dapat tercapai dengan hadirnya Tim Kesehatan dari Kementerian Kesehatan RI, didukung oleh Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Dinas Kesehatan Kabupaten Keerom dan Detasemen Kesehatan Wilayah Kodam XVII/Cenderawasih dalam program TMMD Reguler ke-98 Tahun 2017 Kodim 1701/Jayapura.

Menurut Kapten Inf K.B Murtono bahwa warga Kampung Sach memang sangat membutuhkan layanan kesehatan yang memadai karena petugas kesehatan yang ada di Distrik Waris memiliki keterbatasan, baik itu sumber daya manusia, peralatan dan obata-obatan yang memang betul-betul sangat dibutuhkan oleh warga. Sedangkan warga Kampung Sach kebanyakan menderita penyakit Malaria, Ispa, TBC dan Filariasis.