Babinsa 1701-11/Nimboran Bersama Warga Gotong Royong Membangun Saluran Irigasi

adminpenrem 25/07/2017 0

Jayapura. Hampir satu tahun lamanya, saluran irigasi induk yang selama ini mengairi areal persawahan milik para petani di Distrik Nimboran mengalami kerusakan parah yang mengakibatkan para petani khususnya di kampung Karyabumi mengalami gagal panen dan bahkan para petani ada yang sama sekali tidak menggarap lahan sawahnya, Senin (24/7).

Setelah sekian lamanya para petani mengeluhkan hal tersebut kepada pemerintah daerah melalui Babinsa selaku pendamping pertanian, kali ini, terjawab sudah keluhan para petani dengan turunnya bantuan dari pemerintah daerah Kabupaten Jayapura untuk membantu membuat saluran irigasi yang selama ini mengalami kerusakan.

Untuk mempercepat pembuatan saluran irigasi tersebut, Babinsa Koramil 1701-11/Nimboran Sertu Keliopas bersama warga kampung Karyabumi bergotong royong dalam pembuatan saluran irigasi dengan tujuan agar pembuatan saluran irigasi cepat rampung sehingga para petani dapat cepat melakukan aktifitas untuk menggarap lahan sawahnya.

Menurut Sertu Keliopas bahwa kurang lebih satu tahun, petani di Distrik Nimboran mengalami gagal panen akibat kerusakan saluran irigasi sehingga lahan sawah mereka tidak mendapat pasokan air. “Selama ini para petani hanya mencoba keberuntungan dengan mengandalkan air hujan namun akhir-akhir ini, hujan juga tak kunjung datang, meskipun di wilayah lain turun hujan akan tetapi di Distrik Nimboran tidak pernah turun hujan. Bahkan yang lebih parah, banyak petani yang tidak mengolah lahan sawahnya karena mengalami fuso, dan para petani lebih memilih untuk mengurus ternak sapinya”. Tutur Sertu Keliopas

Leave A Response »

*