Dorongan Logistik Ke Pos Terdepan, Satgas 432 Bergantung Pada Hely Bell

adminpenrem 12/09/2017 0

Jayapura – Dorongan Logistik (Dorlog) adalalah Rutinitas kegiatan bulanan bagi Satgas Yonif PR 432 Kostrad bagi setiap pos-pos terdepan. Dengan kondisi medan yang sulit, mengharuskan dorongan logistik dilakukan melalui udara.

Untuk itu, satgas 432 kostrad sangat mengandalkan bantuan dari penerbad melalui Heli Bell milik TNI di Jayapura untuk dapat membawa logistik bagi setiap pos-pos terdepan.

Seperti yang dilaksanakan siang ini, selasa (12/9), Dorlog telah diterbangkan dengan menggunakan Heli Bell dipimpin Kpt Cpn Prabowo dengan 9 orang personel yang terdiri dari 8 orang anggota penerbad dan 1 orang anggota Pos Bewan Baru dengan rute Sentani – Pos Bewan Baru – Sentani dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan.

Kebutuhan logistik prajurit Satgas Pamtas RI-PNG yang berada di Pos Bewan Baru dan Pos Bewan Lama sangat tergantung dengan hadirnya sebuah Helykopter Bell dari Penerbad.

Pada bulan-bulan pertama penugasan saat masuk pos Bewan Baru ini, untuk Dorongan Logistik (Dorlok) menggunakan darat dengan berjalan kaki sejauh 8 km menyusuri jalan setapak masuk kedalam hutan dari wilayah kaliasin kurang lebih 3 jam perjalanan.

Dalam kesempatan berbeda Dansatgas Letkol Inf Ahmad Daud menyampaikan bahwa kedua Pos itu untuk dorongan logistiknya memang harus menggunakan Helly karena kita tahu dan dapat melihat medan yang cukup berat untuk bisa sampai di kedua pos ini. “Tentunya prajurit sangat berat bila dorlognya menggunakan darat karena jalan satu satunya harus di panggul dan jarak tempuhnya cukup jauh untuk sampai di kedua pos ini”,.terangnya.

Ia menjelaskan dorongan logistik dilaksanakan dalam sebulan sekali dari Jayapura menuju seluruh Pos-pos disektor utara, dan didistribusikan melalui darat serta udara sehingga kebutuhan prajurit bisa terpenuhi sesuai jadwal yang  direncanakan.

Menurut Danpos Bewan Baru Ltd Inf Anang Sanusi menyampaikan bahwa kami sangat bersyukur dengan adanya heli ini. “Sehingga memudahkan kami dalam membawa logistik untuk menuju Pos, sebelumnya kami membawa bergantian memanggulnya pada saat logistik datang”, ungkapnya.

Leave A Response »

*