31/10/2020

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

BERBUAT TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

6 Senjata Api diserahkan warga Jayapura kepada Danrem 172/PWY

Abepura – Menjelang HUT TNI ke 72 tahun 2017, Korem 172/PWY menerima kado ulang tahun berupa enam pucuk senjata. Enam pucuk senjata api beserta ratusan amunisi ini diserahkan warga masyarakat kepada Danrem 172/PWY di Koramil Jayapura Selatan, Selasa (3/10/10).

Penyerahan senjata api oleh masyarakat ini tidak terjadi begitu saja, tapi melalui proses yang cukup panjang serta  pembinaan teritorial dengan merangkul masyarakat di wilayah jajarannya sehingga masyarakat dengan kesadaran sendiri menyerahkan 6 buah senjata dan ratusan butir munisi aktif.

Masyarakat yang menyerahkan senjata ini tidak mau disebutkan namanya, karena alasan keamanan warga tersebut yang merupakan mantan anggota kelompok GSPB Wilayah perbatasan. Penyerahan senjata diterima langsung oleh Kepala Seksi Intelijen Letkol Arm Fence D. Marani.

Danrem 172/PWY Kolonel Inf Boni C. Pardede didampingi Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf Nova Ismailiyanto saat menggelar senjata hasil penyerahan, menyampaikan bahwa penyerahan senjata ini murni secara sukarela tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

“Kita telah melaksanakan berbagai upaya dalam menciptakan situasi yang aman, damai dan tentram di tanah Papua khususnya di wilayah Korem 172/PWY. Salah satunya dekat dengan masyarakat tanpa memandang bulu. Saya kira masyarakat di wilayah binaan Korem 172/PWY menerima apa yang telah kami laksanakan selama ini, sehingga mereka secara sadar dan sukarela membantu dalam menciptakan kondisi yang kondusif. Seperti penyerahan senjata ini”, ujarnya.

Adapun senjata yang diserahkan berupa Satu pucuk senjata standard laras panjang jenis SS-I,  satu pucuk senjata standard laras panjang Jungle, dua pucuk senjata laras panjang jenis Angkle Loop dan pua pucuk senjata pistol jenis Revolver dengan kondisi baik serta ratusan butir munisi campuran.

“Saya menghimbau kepada warga masyarakat lain yang masih menyimpan senjata  dan munisi, segera serahkan ke pihak aparat atau langsung ke Korem. Kami akan sangat berterimakasih karena dengan menyerahkan senjata  mereka sadar dan membantu menciptakan keamanan di wilayah dan saya  berharap kedepannya akan semakin banyak masyarakat yang sadar akan hukum di negara kita yang melarang menyimpan sejata secara ilegal, sehingga Papua yang damai dan tenteram dapat terwujud”, ujar Danrem.