Panen Perdana Sayur Dan Buah Di Serbu Warga

adminpenrem 30/10/2017 0

Keerom – Rabu (25-10), Peronel Pos Waris Satgas Yonif 410/Alugoro dan Koramil Waris melaksanakan panen perdana salah satu jenis komoditi unggulan sayur buncis dan kacang panjang bersama masyarakat Banda, Distrik Waris, Kab Keerom yang menempati lahan kurang lebih ± 0,45 ha dengan posisi didepàn Pos Waris. Kegiatan panen perdana bersama ini dihadiri langsung oleh Dansatgas Letkol Inf M Heri Amrullah, S.Sos yang didampingi oleh Wadansatgas, Perwira Staf, para Danki dan anggota Koramil Waris 1701/Jayapura.

Sebelum diadakan panen perdana besama, diadakan penyuluhan pertanian terhadap masyarakat Banda yang dibawakan oleh Danki A Satgas Lettu Inf Munawar yang menyampaikan pentingnya pemanfaatan lahan tidur yang kurang pruduktif, karena tanah Papua ini sangat subur dan sangat cocok untuk ditanami berbagai jenis tanaman unggulan yang mempunyai nilai ekonomis tanpa harus memakai bahan pupuk kimia, kata Danki A.

Setelah pelaksanaan penyulihan selesai, dilanjutkan dengan panen perdana bersama masyarakat yang disambut dengan penuh suka cita dan semangat untuk memanen. Hasil panen sayuran bunces dan kacang panjang ini semua di nikmati oleh masyarakat setempat serta anggota Pos. Bapak-Bapak dan Mama-Mama, anak-anak serta seluruh anggota berbaur dengan masyaramat untuk menikmati hasil panen.

Kepa[a Kp Banda Johm Mae menyampaikan terima kasih pada Satgas atas penen perdana bersama ini, selain itu warga juga ingin diajari cara bercocok tanam yang baik dan benar sehingga bisa menghasilkan panen yang melimpah, kata John Mae sambil menikmati panen sayuran ini.

Dansatgas dalam pernyataannya ditengah-tengah panen bersama masyaràkat juga menyampaikan apresiasi terhadap Pos Waris dengan adanya panen perdana sayur buncis dan kacang panjang tanpa harus memakai pupuk, tegas Dansatgas Letkol Inf M Heri Amrullah, S.Sos. “Ini (sayur buncis dan kacang panjang ) hasil perkebunan rekan-rekan kita (persoel Pos Waris) tanpa pupuk, serta untuk memberikan contoh pada masyarakat bahwa tanah di Papua sangat subur. Panen ini kita bagikan kepada masyarakat dan juga kebutuhan kita sendiri” kata Dansatgas ditengah-tengah kegatan panen perdana

Setelàh pelaksanaan panen perdana sayur bunces dan kacang panjang di Kp Banda selesai, dilanjutkan dengan panen perdana buah semangka bersama masyarakat di Pos Kàrang. Warga masyarakat yang hadir dari Kp Yuwaenda/Kalipao, Kp Kalilapar, dan warga Kp Yabanda, Distrik Yafi, Kab Keerom serta anggota Polsek Yafi.

Sebelum acara panen di mulai, di awali dengan penyuluhan pertanian yang di bawakan oleh Danki C Satgas Lettu Inf Sarimin Syaiful, bagaiman cara bertani yang baik dan  benàr dengan memanfaatkan lahan yang ada tanpa memakai pupuk yang berbahan kimia. Jajaran Kompi C kedepannya akan mengadakan atau membuat kebun percontohan bagi warga masyarakat, kata Danki C Satgas.

Kepala Kp Yuwaenda/Kalipau Anton Psebo mewakli seluruh warga menyampaikan terima kasih kepada Satgas. “Terima kasih pada Satgas atas panen ini (panen buah semangka), kami juga usul pada Bapak-Bapak minta bantu untuk ajari masyarakat ini (cara bercocok tanam) supaya tahu cara menanam rica (cabe), tomat, buah semangka yang benar” kata Anton Psebo pada saat panen semangka

Leave A Response »

*