Satgas Pamtas Yonif PR 432 Kostrad Membuka Lahan Tidur 1 Hektar Di Daerah Perbatasan

adminpenrem 11/10/2017 0

Muara Tami – Ketahanan Pangan merupakan kebutuhan pokok yang harus dimiliki oleh seluruh wilayah di Negeri ini dimana tanah kita subur makmur lohjinawi pepatah ini yang selalu orangtua  dulu katakan.

Prejurit Satgas Yonif PR 432 dari seluruh jajaran Pos diwajibkan untuk memiliki lahan sebagai program untuk ketahanan pangan dimana para prajurit mengolah lahan tidur yang ada didaerah binaanya untuk di jadikan tanaman apapun yang siap panen dalam jangka pendek atau jangka waktu tertentu seperti sayur mayur, buah buahan, ubi dan jagung.

Salah satunya Pos Ramil Tami saat ini telah membuka lahan tidur seluas 1 hektar yang dimana telah mendapat Kunjungan dan Apresiasi Kepala distrik Muaratami dan staf, Danramil Muara Tami, Kepala SMK Negeri 07 Muara Tami beserta guru guru untuk melihat secara langsung lahan yang dulunya dibiarakan dengan ditimbuhi alang alang setinggi 1 meteran sekarang sudah menjadi lahan yang sudah ditanami beberapa tanaman yang dikonsumsi oleh masyarakat sehari hari.

Keinginan untuk membuka lahan itu sebenarnya sudah  lama pada saat baru baru menempati Pos ini, karena kami masih menyelesaikan program program yang lain, dan di pekarangan Pos sendiri lahannya tidak begitu luas tapi sudah ditanami bergai jenis tanaman seperti sayur kakung, terong dan cabai dan sudah dipanen.

Membuat rencana yang lebih besar sehingga jauh jauh hari telah dibicarakan dengan seluruh anggota dalam melaksanakan program Pos kedepan.

Sebelumnya kami rasa mendapatkan waktu yang tepat untuk koordinasi dalam menyampaikan rencana kami kepada Kepala Distrik Muara Tami dan Kepala Sekolah SMK Negeri 07 Muara Tami untuk bisa membuka lahan tidur di belakang pekarangan sekolahnya, agar kami bisa mengolah lahannya dimana Kepala Distrik dan Kepala sekolah dengan senang hati mempersilahkan untuk pengolahan lahan di area sekolahan itu.

Dibawah pimpinan Danki D Pos Ramil Tami Lettu Inf Rosidi bersama anggotanya dengan bergantian setiap hari selama hampir satu bulan belakangan ini melakukan pembukaan lahan tidur diarea sekolahan SMK Negeri 07 Muara Tami dengan menerapkan 7 M yaitu Membabat Alang alang, Mebakarnya diatas lahan setelah kering, Menyemprotkan obat anti rumput, Menanam tanaman yang direncanakan, Memupuk tanaman yaag telah bersemi, Memanenya nanti diadakan acara penen raya.

Lahan tidur yang sebelumnya lahan ini di penuhi semak belukar sekarang sudah dirubah menjadi kebun yang sudah di tanami beberapa jenis tanaman diatas lahan seluas lebih dari 1 hektar ini dengan dibagi menjadi beberapa bagian yaitu untuk lahan ubi luasnya 20 x 100 meter, untuk lahan jagung  luasnya 60 x 100 meter, untuk lahan semangka luasnya 20 x 100 meter dan sisanya diperuntukkan tanaman singkong atau ubi.

Setelah melihat dan turun kelapangan langsung, Kepala Distrik Muara Tami Bapak Supriyanto menyampaikan “Apresiasi kepada Satgas 432 Kostrad yang sudah mempelopori pembukaan lahan dari yang tidak manfaat menjadi lahan yg bermanfaat dan berdaya guna serta bisa menjadi contoh bagi masyarakat setempat walau dengan keterbatasan alat dan dana tetapi bukan menjadi alasan untuk tidak berbuat”. paparnya

Danki D Pos Ramil Tami Lettu Inf Rosidi menyampaikan ” Sangat berterimakasih kepada Kepala Distrik dan Kepsek SMK 07 Muara Tami yg telah membantu mulai dari peminjaman alat peralatan dan kebutuhan lainnya untuk penyiapan dan pengolahan lahan seluas 1 hektare lebih ini telah selesai kami kerjakan dan menaminya”. terangnya

Lahan yang tidak dimanfaatkan inilah yang diserahkan kepada kami untuk diolah dan kami tanami berbagai macam tanaman, dan semoga apa yang kita perbuat bisa mendatangkan manfaat sampai panen raya nanti tiba, mudah mudahan ini menjadi contoh yang baik buat masyarakat setempat”. lanjutnya

Leave A Response »

*