Babinsa Latih Warga Cara Budidaya Buah Naga

adminpenrem 20/11/2017 0

Jayapura. Masyarakat di Papua khususnya di wilayah Kota Jayapura dan sekitarnya tidak lagi sulit mendapatkan buah naga untuk di konsumsi. Buah naga yang diyakini memiliki khasiat tinggi bagi kesehatan tubuh ini tidak lagi hanya bisa ditemukan di pusat perbelanjaan saja akan tetapi sudah banyak diperjualbelikan dimana-mana.

Hal tersebut dikarenakan sudah banyak petani yang membudidayakan tanaman sejenis kaktus tersebut seperti di Kabupaten Keerom yakni di Distrik Arso dan di Kabupaten Jayapura yakni di Distrik Yapsi.

Melihat nilai ekonomi yang tinggi dari budi daya buah naga,  Koramil 1701-16/Unurum Guay juga berupaya mengajak masyarakat khususnya masyarakat asli Papua untuk menanam buah tersebut dengan membuat kebun percontohan buah naga di halaman Koramil 1701-16/Unurum Guay dan hal ini merupakan yang pertama kalinya di wilayah Distrik Unurum Guay. Sabtu (18/11)

Selain itu, anggota Koramil 1701-16/Unurum Guay juga memberikan pelatihan terhadap masyarakat yang berdomisili disekitar Makoramil tentang cara mengawinkan bunga buah naga. Pemilihan waktu pelatihan dilaksanakan pada malam hari karena disesuaikan dengan waktu mekar bunga buah naga sehingga masyarakat bisa langsung mempraktekkan cara mengawinkan bunga buah naga.

Mekanisme pelatihan yang berikan oleh Kopda Asnawi dimulai dengan penjelasan dan pemberian contoh  mengawinkan bunga buah naga, selanjutnya peserta pelatihan mempraktekan secara bergantian.

Menurut Danramil 1701-16/Unurum Guay bahwa tujuan kegiatan pelatihan ini adalah untuk memberi contoh, berbagi ilmu dan memotivasi masyarakat agar lebih bersemangat dalam memanfaatkan lahan atau pekarangannya, karena buah naga merupakan salah satu tumbuhan bernilai ekonomis tinggi, memiliki khasiat untuk kesehatan dan tidak membutuhkan perawatan yang sulit.

Leave A Response »

*