Babinsa Terus Dampingi Petani Sukseskan Program Swasembada Pangan

adminpenrem 23/11/2017 0

Jayapura – Untuk mewujudkan swasembada dan ketahanan pangan nasional di Provinsi Papua, khususnya di wilayah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom, anggota Kodim 1701/Jayapura secara terus menerus mendampingi dan membimbing para petani dilapangan, Kamis (23/11).

Di wilayah Binaan Kodim 1701/Jayapura, musim tanam dan musim panen tidaklah semua wilayah serempak dalam hal tersebut. Seperti yang dilaksanakan oleh para petani di Arso 4 Sayven 4.2, ada yang baru membuka lahan dan ada pula yang sementara membajak sawah.

Dalam proses membajak sawah di Arso 4 Sayven 4.2, anggota Koramil 1701-23/Skanto Sertu Putut membantu para petani dalam membajak sawah masing-masing, karena saat musim penghujan seperti inilah yang ditunggu-tunggu oleh para petani untuk mengolah lahan sawahnya masing-masing.

Sedangkan untuk wilayah Kota Jayapura tepatnya di Distrik Muara Tami, Kelurahan Koya Barat, anggota Koramil 1701-22/Muara Tami Serma Herman Pata membantu Sunarto yang merupakan salah satu anggota kelompon tani Rukun Makmur dalam melaksanakan panen padi seluas 1 Hektar. Adapun hasil panen padi milik Sunarto kali ini memang sangat memuaskan karena hasil saat ini lebih meningkat daripada hasil pada tahun-tahun sebelumnya.

Sunarto mengakui bahwa semenjak adanya pendampingan oleh para Babinsa terhadap para petani, hasil panen setiap tahunnya makin meningkat. “Kami sangat puas dengan hasil panen saat ini karena hasilnya lebih meningkat dari hasil sebelumnya dimana hasil panen saat ini mencapai 6 ton sedangkan pada panen-panen sebelumnya hanya bisa mencapai 5 sampai 5,5 ton perhektar”. Tutur Sunarto

Leave A Response »

*