Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Lestarikan Kearifan Lokal, Babinsa Bagikan Bibit Pinang Kepada Warga Kampung Garusa

adminpenrem 28/11/2017 0

Jayapura. Tradisi mengunyah buah Pinang umumnya dilakukan oleh kaum wanita yang sudah berumur lanjut. Namun, di Papua tradisi ini dilakukan sejak kecil dan diwariskan turun temurun dari generasi tua ke generasi yang lebih muda. Bahkan, tradisi ini sudah dikenalkan sejak umur tujuh tahun dan terus berlangsung hingga seseorang tua dan meninggal. Tidak heran, banyak kaum tua di atas 80 tahun yang giginya masih utuh dan tergolong sehat karena tradisi ini. Hingga kini, masyarakat yang mengunyah buah Pinang dapat kita temui baik di kota besar maupun desa-desa kecil.

Budaya makan pinang telah melekat erat bagi masyarakat Papua. Masyarakat Papua menganggap bahwa pinang sangat berguna bagi kesehatan gigi serta sebagai tradisi sosial yang  perlu dipelihara.

Di Kampung Garusa, Distrik Unurum Guay, Kabupaten Jayapura, Babinsa Koramil 1701-16/Unurum Guay Sertu Lahudin melaksanakan komunikasi sosial dengan masyarakat di wilayah binaannya yakni di Kampung Garusa. Selain melaksanakan komunikasi sosial, Sertu Lahudin juga membagikan bibit pinang kepada warga di kampung tersebut, Senin (27/11).

Pemberian bibit pinang ini adalah merupakan bentuk kepedulian Babinsa terhadap kearifan lokal khususnya melestarikan budaya makan pinang. Hal tersebut dikarenakan, warga di desa binaannya gemar memakan pinang namun warga harus mengeluarkan uang terlebih dahulu baru bisa menikmati pinang.

Dalam kesempatan tersebut, Sertu Lahudin mengajak masyarakat binaannya untuk menanam pinang di halaman rumah masing-masing agar tidak lagi membeli buah pinang untuk dikonsumsi. Selain itu, tujuan menanam pohon pinang di pekarangan rumah adalah agar mudah untuk dirawat dan bila pohon pinang sudah mulai besar, akan memperindah pekarangan rumah bila di tanam secara teratur.

Ondofi kampung Garusa Yakop Jek mewakili masyarakat, sangat berterimakasih dengan kepedulian anggota Koramil 1701-16/Unurum Guay yang sangat peduli terhadap warga binaannya dalam menjaga  budaya lokal.

Leave A Response »

*