Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

PATROLI SATGAS YONIF 121/MK, JAMIN PATOK BATAS NEGARA AMAN

adminpenrem 27/07/2018 0

Abepura (26/7), dalam tugasnya sebagai Satgas Pengamanan Perbatasan RI-PNG, Satgas Yonif 121/MK secara rutin dan terjadwal melaksanakan tugas patroli guna memastikan bahwa patok-patok batas negara tersebut tetap berada dalam keadaan aman dan tidak bergeser oleh pelanggar batas wilayah. Sudah menjadi kewajiban di wilayah tanggung jawabnya, Satgas Yonif 121/MK yang bertugas di Kabupaten Keerom Papua memiliki 3 patok batas negara yang harus di pantau dan di monitor terus keberadaanya untuk mengantisipasi bergesernya patok batas negara. Adapun nama patok batas RI-PNG yang merupakan Meridian Monumen (MM) terdiri dari patok batas MM 4.A, MM 4.1 dan MM 4.2.

Untuk mengamankan patok-patok batas negara tersebut tetap ada pada posisinya, Satgas Yonif 121/MK melaksanakan patroli ke patok-patok batas tersebut, dimana posisi patok batas MM 4.A, MM 4.1 dan MM 4.2 jaraknya memakan waktu beberapa hari dengan berjalan kaki di tengah hutan belantara Papua, seperti yang dilakukan Satgas Yonif 121/MK dibawah pimpinan Wakil Komandan Satgas (Wadansatgas) Yonif 121/MK Mayor Inf Indra Rukmana dengan membawa 10 orang anggotanya pada 24 hingga 25 Juli 2018 melaksanakan patroli ke Patok MM 4.2 yang berada di Kampung Yabanda Distrik Senggi Papua. Jarak antara Pos TNI ke Patok MM 4.2 jika dilihat di peta dengan menarik garis lurus hanya berkisar 9 Km. Namun setelah dijalani dilapangan, jarak tersebut hampir dua kali lipat jauhnya dikarenakan keadaan geografisnya yang terjal dan berbelok-belok dengan medan yang cukup berat melalui hutan belantara.

Setelah melakukan perjalanan patroli yang cukup berat dan berjam-jam, akhirnya Tim Patroli Satgas Yonif 121/MK tiba di patok batas MM 4.2 dan untuk kemudian dilaporkan kepada Pos Kotis dalam keadaan aman posisinya seperti keadaan sebelumnya pada patroli terdahulu. Setelah Tim Patroli tiba di batas patok tersebut, tanpa mengenal lelah anggota satgas langsung melaksanakan pembersihan di sekitar patok dari semak-semak yang tumbuh dengan cepat agar patok tersebut tetap terpelihara dan tampak terlihat dari radius sekitarnya. Selanjutnya Tim patroli mengecek koordinat Patok MM 4.2 untuk memastikan tidak ada perubahan koordinatnya dengan tujuan untuk mengantispasi bergesernya patok batas negara.

Sesuai dengan tugas pokok yang telah disampaikan Danrem 172/PWY selaku Dankolaops, bahwa salah satu tugas utama setiap Satgas Pamtas yaitu bertanggung jawab terhadap keberadaan patok-patos batas negara yang harus di pantau terus dengan melakukan patroli untuk meninjau secara langsung posisi patok batas yang telah ditentukan sesuai koordinat di peta. Dan untuk melakukan kegiatan patroli patok batas tersebut, dibutuhkan perencanaan yang matang disertai kesiapan personel, materiil dan logistik yang memadai, karena jarak masing- masing patok batas cukup jauh jika dilalui di medan sebenarnya. Namun itu semua tidak menjadi kendala setiap Satgas Pengamanan Perbatasan karena setiap jengkal yang ada di wilayah perbatasan merupakan kedaulatan negara yang harus di jaga dan diamankan. Disamping itu patroli patok batas bertujuan pula untuk mengantisipasi pelanggar batas wilayah yang memasuki batas negara secara ilegal dan mengantisipasi pencurian terhadap sumber daya alam negara seperti ilegal loging dan sebagainya. Hal itu sudah menjadi tugas dan tanggung jawan Satgas Pengamanan Perbatasan seperti yang dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif 121/MK.

Leave A Response »

*