Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

PEDULI KEBERSIHAN LINGKUNGAN, BABINSA KORAMIL SENTANI MENGAJAK WARGA KAMPUNG ASEY UNTUK MEMBUAT MCK.

adminpenrem 03/08/2018 0

Abepura (2/8), bertempat di Kampung Asey Distrik Sentani Kab. Jayapura, Babinsa Koramil Sentani Serda Mahmud mengajak warga Kampung Asey bergotong royong membuat MCK warga dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kampung Asey yang saat ini perlu memiliki kesadaran akan penting nya kebersihan lingkungan untuk menghindari pencemaran yang dapat membawa wabah penyakit dari limbah kotoran. manusia.

Sebelum dilakukannya pembuatan MCK, dihari sebelumnya Serda Mahmud telah mensosialisasikan kepada warga kampung Asey tentang pola hidup sehat yang harus dibudayakan pada kehidupan masyarakat agar pembuangan limbah manusia tidak dilakukan di sembarangan tempat karena Kampung Asey terletak ditengah-tengah danau sentani. Kebiasaan hidup warga kampung Asey saat ini masih tergolong tradisional, dengan minimnya sarana MCK yang hanya terdapat di beberapa rumah, sehingga sebagian warga mayoritas membuang limbah kotoran di danau dan tidak pada tempatnya dan tentu akan mencemari lingkungan yang harus dijaga kebersihannya.

Serda mahmud mengatakan bahwa masyarakat kampung Asey Besar merupakan warga binaan Koramil Sentani dibawah tanggung jawabnya sebagai Babinsa. Keberadaan masyarakat Kampung Asey terpisah dari warga lain di kab. Jayapura karena bertempat tinggal disebuah pulau dikelilingi danau sentani, yang kaya akan budaya dan kesenian daerah. Hampir secara keseluruhan warga Kampung Asey belum memahami pola hidup sehat bagi kepentingan diri sendri dan keluarga. Dan sangat di khawatirkan apabila banyak masyarakat kampung yang terkena wabah penyakit khususnya anak-anak dikarenakan tercemarnya lingkungan yang tidak memenuhi standar kesehatan, tambah Serda Mahmud.

Dengan kondisi yang demikian, serda Mahmud berinisiatif bersama masyarakat membangun MCK milik Kepala Kampung Bapak Herman Ohe selaku mitra karib babinsa, yang nantinya dapat digunakan pula oleh warga disekitar yang dekat dengan rumah Kepala Kampung. Pembuatan MCK ini di awali dengan memasang pipa disetiap rumah-rumah yang berdekatan dengan Bak penampungan Limbah, dan kemudian Serda Mahmud menggarahkan dan menuntun masyarakat untuk menggali lubang penampungan MCK yang akan menjadi tempat pembuangan limbah kotoran.

Bapak Herman Ohee sebagai kepala kampung sangat mengapresiasi inisiatif babinsa Serda Mahmud yang selalu hadir dan mempunyai ide-ide positif sehingga pembuatan MCK ini dapat mendorong masyarakat untuk ikut serta bergotong royong, dan turut membantu menyelesaikan pembangunan MCK. Kegiatan ini dilakukan dengan swadaya masyarakat dan dilakukan secara manual menggunakan tenaga masyarakat yang dipimpin Babinsa.
Pembuatan MCK di rumah Bapak Herman Ohe merupakan bagian percontohan bagi masyarakat Kampung Asey agar warga pun turut membuat MCK seperti yang di lakukan oleh Babinsa. Meskipun MCK yang dibangun hanya sederhana, namun nilai manfaat nya sangat tinggi bagi kesehatan lingkungan di Kampung Asey.

Dandim 1701/JPR Letkol Inf Nova Ismailyanto mengatakan bahwa pembangunan MCK sebelumnya telah dilakukan di wilayah- wilayah Kodim dalam program seribu jamban yang dilakukan oleh Komando Kewilayahan. Pembangunan MCK di Kampung Asey merupakan kelanjutan dari program seribu jamban, yang di sosialisasikan oleh Babinsa melalui swadaya masyarakat untuk kepentingan bersama. Dengan pembangunan MCK di Kampung Asey diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk mengikuti pola hidup sehat dalam menjaga lingkungan yang bersih dan jauh dari sumber penyakit, ungkap Dandim

Leave A Response »

*