Bookmaker artbetting.co.uk - Bet365 review by ArtBetting.co.uk

Bookmaker artbetting.gr - Bet365 review by ArtBetting.gr

Germany bookmaker bet365 review by ArtBetting.de

Premium bigtheme.net by bigtheme.org

Ciptakan Ketahanan Pangan, Babinsa Dan PPL Dampingi Kelompok Tani Buka Lahan

adminpenrem 21/09/2018 0

Abepura – Jum’at (21/9), dalam rangka menciptakan ketahanan pangan di wilayah binaan, Babinsa Koramil 1701-16/Unurum Guay Serka Gunawan dan Sertu Dolfis Hans Tototi bersama PPL Dinas Pertanian Kab. Jayapura Bapak Rahman melakukan pendampingan dalam membantu dan membimbing pengolahan lahan pertanian kelompok tani Sabdiki yang akan ditanami kacang tanah dan kedelai bertempat di Kampung Beneik Distrik Unurum Guay Kab. Jayapura.

Adapun kelompok tani Sabdiki yang diambil dari bahasa kampung Beneik berarti “usaha untuk maju” merupakan kelompok tani masyarakat di Kampung Beneik Distik Unurum Guay dengan ketua Benyamin Guawakan, Sekertaris Fedrik Yando, dan Bendahara Lemon Sawa beserta anggota kelompok tani berjumlah 25 orang.

Kegiatan ini merupakan salah satu usaha Babinsa bersama dengan PPL untuk mengenalkan pertanian dalam rangka memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah kepada warga agar dapat diberdaya gunakan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Pendampingan Babinsa dan PPL di Kampung Beneik mendapatkan sambutan Positif oleh warga kampung yang terdorong untuk mengikuti arahan dan penyuluhan yang diberikan Babinsa dan PPL karena selama ini lahan-lahan kosong dibiarkan begitu saja sehingga masyarakat belum sadar akan nilai guna dari lahan kosong di sekitar rumah mereka.

Untuk menanggapi keinginan warga dalam bercocok tanam, Babinsa dan PPL pun membimbing warga di lapangan langsung melalui pendampingan pembukaan lahan hingga pengolahan lahan sebelum di tanami. Dan untuk penanaman, Babinsa dan Dinas PPL telah menyiapkan benih tanaman yang akan di berikan kepada warga kampung Beneik sehingga warga tidak kesulitan lagi dalam pengadaan benih tanaman yang harus diharapkan dapat menghasilkan tanaman kebun yang baik bagi kesejahteraan masyarakat.

Serka Gunawan mengatakan bahwa pemanfaatan lahan kosong ini adalah bagian dari upaya menciptakan ketahanan pangan bagi masyarakat di Kampung Beneik yang lambat laun akan dapat menjadi sumber penghasilan masyarakat. Dan warga disini pun memiliki kemauan yang tinggi untuk bertani atau berkebun sehingga sebagai Babinsa kita harus ikut mendampingi Kelompok Tani Beneik serta membantu kesulitan warga dalam bercocok tanam, tutur Gunawan. Melalui pendampingan ini diharapkan masyarakat dapat termotivasi untuk membangun perekonomian warga dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat yang sejahtera, tegasnya.

Selaku ketua kelompok tani, Benyamin Guawakan mengucapkan terimakasih atas pendampingan yang di lakukan oleh Babinsa dan PPL karena warga selama ini belum menyadari akan pentingnya lahan kosong yang dapat menjadi lahan yang bermanfaat dalam pertanian. Untuk itu saya akan mengajak warga yang lain turut serta membuka lahan kosong di sekitar rumah mereka sehingga dapat di tanami dan memberikan hasil yang baik dan nantinya kepentingan warga itu sendiri, ujarnya.

 

Leave A Response »

*