TEKAN KRIMINALITAS JALUR PERBATASAN, BABINSA BERSAMA WARGA BANGUN POS JAGA KAMPUNG

adminpenrem 26/11/2018 0

Abepura –  Senin (26/11), Babinsa Koramil 1701-22/Muara Tami bersama warga kampung Koya Tengah, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura,  melaksanakan Karya Bhakti membangun pos jaga kampung guna menekan kemungkinan terjadinya kriminalitas.

Pos Jaga berukuran 1,5 x 2 meter tersebut terletak di jalan menuju perbatasan RI-PNG dan dibuat secara permanen.

Serma Suwito selaku Babinsa Koya Tengah menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi warga untuk ikut menjaga keamanan dan ketertiban dengan membangun pos jaga kampung yang terletak di jalan menuju perbatasan RI-PNG ini.

Ia mengungkapkan bahwa jalur menuju perbatasan RI-PNG maupun sebaliknya merupakan salah satu jalur yang rawan terjadinya tindak kejahatan. “Seperti penyelundupan narkoba, miras bahkan pemalakan dapat terjadi. Karena beberapa tempat yang dilewati masih berupa hutan belantara, sedangkan pos-pos TNI yang ada jaraknya saling berjauhan sehingga kurang termonitor dengan baik”, ungkapnya.

Dengan adanya pos-pos jaga kampung seperti ini, lanjutnya, secara tidak langsung membantu aparat dalam menjaga kamtibmas di daerah perbatasan. “Apabila ada hal yang menonjol dapat segera menghubungi pos TNI maupun pos Polisi terdekat. Kedepan diharapkan kampung-kampung yang lain dapat mengikuti langkah antisipasi yang sama seperti yang dilakukan oleh warga kampung Koya Tengah ini”, katanya.

Sementara itu, salahsatu warga Agus Laho menyampaikan, pembangunan pos jaga tersebut selain dibantu oleh babinsa, juga dikerjakan secara bergiliran antara warga RT dengan menggunakan anggaran dari dana kampung.

“Pembangunan pos jaga kampung ini sebagai wujud komitmen warga setempat untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah ini. Dengan pelaksanaannya di atur secara bergiliran sehingga ini dapat meminimalisir pergerakan tindak kejahatan karena disinyalir banyak tindak kejahatan terjadi di jalan perbatasan ini”, ujarnya.

Leave A Response »

*