DANRAMIL 1712/06/BONGGO PIMPIN PEMBANGUNAN JEMBATAN PUTUS YANG MENGHUBUNGKAN JAYAPURA-SARMI DI DISTRIK BONGGO

adminpenrem 25/06/2019 0

Abepura (23/6), Danramil 1712-06/Bonggo Kapten Inf Ratno bersama  masyarakat, anggota Babinsa dan Polsek Bonggo bergotong royong melakukan pembangunan jembatan yang menghubungkan jalur Sarmi РJayapura, yang putus karena hanyut terbawa banjir sehingga menyebabkan akses transportasi terhambat di Kampung Nahrum SP 1 Distrik Bonggo Kab. Sarmi, Sabtu (22/06/2019).

Melalui alat berat yang di operasionalkan anggota Koramil, pembangunan jembatan dikerjakan dengan menggunakan Balok Kayu untuk pondasi dan penyanggga jembatan serta badan jembatan yang di awasi langsung oleh Danramil, Kapolsek serta Kadistrik Bonggo yang turut hadir mengendalikan di lapangan.

Pada kesempatan itu Danramil Bonggo mengatakan jembatan ini putus karena pondasi jembatan sudah lapuk dan tidak kuat untuk menyangga badan jembatan sehingga mudah terbawa arus dan hanyut oleh banjir. “Hal penting yang harus di bangun pada jembatan ini yaitu bagian pondasi yang menjadi penyangga badan jembatan, sesudah itu kita menyusun kembali balok-balok kayu sebagai badan jembatan” , ujar Kapten Inf Ratno.

Pembangunan jembatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat sekitar karena sehari setelah dibangun jembatan darurat, masyarakat kampung sudah mendesak untuk percepatan perbaikan jembatan agar jalur transportasi sarmi jayapura normal kembali.

Sehari sebelumnya Dandim 1712/Sarmi mengambil langkah cepat dengan menugaskan Danramil Bonggo untuk mencari alat berat agar dapat membangun kembali jembatan. Dan berkat Binter yang baik, Danramil Bonggo berhasil mendatangkan alat berat yang kemudian mengerjakan pembangunan jembatan. ” Alat berat ini kita datangkan berkat dukungan Balai Bina Marga yang mau membantu membangun jembatan yang putus dan saat itu juga kita langsung kerjakan “, ujar Kapten Inf Ratno.

Pembangunan jembatan ini memakan waktu 2 hari 2 malam, karena alat berat harus mengeruk kembali tanah agar dapat menjadi talud untuk menyangga pondasi jembatan. Disamping alat berat yang beroperasi, Kadistrik Bonggo telah menyiapkan balok-balok kayu untuk di jadikan badan jalan jembatan yang kokoh sekaligus memasang balok tiang penyangga.

Berkat kerja sama yang baik dengan masyarakat dilapangan, pembangunan jembatan dapat berjalan dengan maksimal sehingga jalur transpotasi sarmi jayapura lancar kembali untuk di lewati kendaraan.

Kadistrik Bonggo Bapak Fredy Sawefkoy sangat mengapresiasi tindakan cepat yang di lakukan Danramil yang memimpin pembangunan jembatan. “Saya sangat berterimakasih dan bersyukur jembatan ini dapat di bangun kembali berkat bapak-bapak TNI beserta Polsek sehingga masyarakat dapat bekerja dan anak-anak kitapun bisa lancar pergi ke sekolah”, ungkap Fredy Sawefkoy

Otentikasi :

Kapenrem 172/PWY

Leave A Response »

*