DUKUNG KEGIATAN MOST SEKOLAH, BABINSA KORAMIL 1701-23/SKANTO BEKALI WASBANG DAN LATIHAN PBB

adminpenrem 25/07/2019 0

Abepura – Babinsa Koramil 1701-23/Skanto Serda Sulistiono dan Kopda Yuli Barang memberikan materi wawasan kebangsaan/Bela Negara serta melatih PBB kepada peserta didik baru yang sedang melaksanakan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) di Sekolah Menengah Agama Katolik Negeri (SMAKN) Kampung Wulukubun’ Distrik Skanto’ Kab. Keerom, jumat (19/7).

Sesuai dengan jadwal dari panitia sekolah, Babinsa Koramil Skanto memberikan pembekalan materi Bela Negara, diantaranya tentang Pengertian, Dasar hukum, fungsi, tujuan, dan manfaat bela negara. Dilanjutkan dengan contoh-contoh pengamalan bela negara, mulai tingkat individu’ keluarga’ sekolah’ bermasyarakat dan bernegara.

Serda Sulistiono mengatakan pembekalan wasbang ini sangat penting bagi siswa yang baru masuk sekolah karena dapat membentuk mental generasi muda yang berjiwa nasionalis dan berwawasan kebangsaan dalam membentuk disiplin untuk menunjang kegiatan di bangku sekolah.

” Pembekalan materi bela negara dan latihan PBB memang sangat penting bagi siswa siswi yang memasuki tahun ajaran baru, karena dengan kegiatan ini diharapkan dapat membentuk mental disiplin generasi muda yang cinta tanah air, bangsa dan negara,” ujar Serda Sulistiono.

Dalam sesi berikutnya, Babinsa juga membawakan materi Peraturan Baris-Berbaris (PBB). Dimulai dari penyampaian teori secara singkat dan dilanjutkan praktek, mulai dari gerakan ditempat hingga gerakan berpindah tempat.

” Gerakan yang kita latihkan disini ialah materi dasar PBB gerakan ditempat diantaranya sikap sempurna, sikap istirahat, tata cara penghormatan, serta gerakan lain PBB, kemudian dilanjutkan dengan gerakan berpindah tempat diantaranya haluan kanan dan haluan kiri, serta langkah biasa dan langkah tegap,” pungkas Serda Sulistiono.

Bapak Ubaldus loza, S.Ag selaku Wakil Kepala Sekolah SMKN Keerom menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan Babinsa dalam mengisi materi bela negara dan PBB. Dirinya berharap hal serupa dapat kembali dilaksanakan pada kesempatan yang lain di sekolahnya.

” Saya sangat mengapresiasi peran serta Babinsa Koramil Skanto yang mau membantu kami untuk mengisi jadwal kegiatan Masa Orientasi dengan pembekalan Wasbang dan latihan PBB, semoga kedepan bapak-bapak Babinsa bersedia untuk mengisi materi pada kegiatan sekolah,” ujar Kepala Sekolah.

Leave A Response »

*