19/05/2021

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

BERBUAT TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

Musim Penghujan, Satgas Yonif Raider 100/PS Pos Karang Pelihara Kesehatan Masyarakat Melalui Pelayanan Kesehatan

Keerom – Memasuki musim penghujan, untuk memelihara dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, Satgas Yonif Raider 100/PS Pos Karang secara rutin memberikan pelayanan kesehatan kepada warga Kampung Yuwainda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua. Senin,(22/02/2021).

Hal tersebut disampaikan Hal tersebut disampaikan Danki C Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 100/PS Lettu Inf Wiridan Antariksa, S.T,Han, mengatakan bahwa personel Pos Karang melaksanakan pelayanan kesehatan yang dipimpin langsung oleh Serda Boy Halomoan Purba beserta 8 anggotanya, berkeliling kampung dan memberikan pelayanan kesehatan kepada warga kampung Yuwainda. “Pelayanan kesehatan keliling seperti ini rutin dilakukan oleh personel Satgas. Selain melaksanakan tugas pokok mengamankan wilayah perbatasan RI-PNG, juga memiliki tanggung jawab moral untuk selalu aktif membantu mengatasi kesulitan warga perbatasan,” ungkapnya.

Menurutnya, minimnya fasilitas dan petugas kesehatan di kampung tertentu membuat personel Satgas harus berperan aktif memberikan pelayanan kesehatan kepada warga. Selain itu, pelayanan kesehatan dengan berkeliling kampung ini juga sangat efektif untuk membangun komunikasi yang baik antara Satgas dengan warga.

Ditempat terpisah, hal serupa juga disampaikan Dansatgas Yonif Raider 100/PS Mayor Inf M. Zia Ulhaq, S.Sos, bahwa setiap Pos jajaran Satgas Yonif Raider 100/PS terdapat petugas kesehatan untuk menjaga memelihara kesehatan personel Pos masing-masing. “Jadi, tim kesehatan ini juga diberdayakan untuk melayani kesehatan warga, kita ketahui bersama memasuki musim penghujan banyak penyakit mulai menyerang masyarakat, sehingga kehadiran Satgas benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat perbatasan, dengan melaksanakan pelayanan kesehatan” tandasnya.

Pelayanan kesehatan keliling oleh personel Pos Karang mendapat respon positif dan antusias dari warga Kampung Yuwainda. Bapak Meteus Samok (40) warga Kampung Yuwainda menuturkan sangat terbantu dengan adanya layanan kesehatan keliling tersebut. “Terima kasih atas kepedulian Satgas sudah berkunjung ke tempat kami dan memberikan pelayanan kesehatan. Semoga Tuhan senantiasa menyertai dan memberkati bapak TNI,” ujarnya.