23/09/2020

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

BERBUAT TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

Satgas Pamtas Pr 431/SSP Terima 1 Kg Ganja Dari Warga Yang Sadar Hukum

photo_2016-05-09_16-33-51Keerom – Satgas Pamtas Yonif PR 431/SSP yang tugas pokoknya menjaga perbatasan darat RI PNG melalui komunikasi sosialnya kembali menyadarkan warga untuk menyerahkan  barang ilegal beruga ganja seberat 1 kg.  Pos Kalilapar yang merupakan Pos Perbatasan Jajaran PR 431/SSP yang terletak di Distrik Waris, Kab. Keerom telah  menerima 10 paket ganja kering seberat 1 kg dari masyarakat asal Kp. Kalilapar yang tidak ingin identitasnya dilaporkan.  Adapun ganja tersebut diserahkan karena penggalangan Letda Inf bagus selaku danpos kalilapar kepada warganya.

Awalnya Danpos Kalilapar Letda Inf Bagus menerima laporan dari masyarakat bahwa di Kp. Kalilapar terdapat masyarakat yang menyimpan ganja. Mendengar informasi tersebut letda inf Bagus melaporkan kepada Danki C Satgas, Kapten Inf Ahmad Assegaf dan langsung memerintahkan letda Inf Bagus untuk mengecek kebenaran berita tersebut,  sehingga setelah mendapat petunjuk dan koordinasi dengan anggotanya langsung menuju rumah masyarakat yang diduga menyimpan ganja untuk mengecek kebenaran info yang diperoleh dari masyarakat lainnya.

Letda inf Bagus kerap datang kerumahnya untuk berkomunikasi tentang kebaikan kampung kalilapar dengan memberikan Sarana penggalangan berupa Mie Instan kepada masyarakat yang diduga menyimpan ganja tersebut dan menjelaskan tentang larangan dan hukuman penyalahgunaan Narkoba.

Dengan berjalannya waktu akhirnya Masyarakat yang identitasnya tidak ingin dilaporkan datang ke pos utk menemui Danpos dan menyerahkan 10 paket ganja kering seberat 1 Kg  kepada Danpos.

Letda Inf Bagus mengucapkan terima kasih kepada warga yang telah sadar untuk menyerahkan barang ilegal berupa ganja kepada anggota Satgas. Harapan kami warga lainnya dapat mencontoh perbuatan tersebut sehingga Kab. Keerom khususnya Kp. Kalilapar bersih dari ganja dan narkoba lainnya.

Setelah menerima ganja dari warga, selanjutnya barang bukti diserahkan ke Kapten Inf Ahmad Assegaf untuk diserahkan ke Kotis guna dilaporkan ke Komando Atas.

Danrem 172/PWY Kolonel  Inf Teguh Pudjo Rumekso menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas keberhasikan Satgas 431  dalam pelaksanaan Binter sehingga masyarakat berani memberi informasi dan ada kesadaran untuk menyerahkan Ganja yang merupakan pelanggaran, saya berharap Satgas yang lain lebih aktif dalam kegiatan Binter agar dapat hasil yang positif. Saya akan beri penghargaan sebagai ujud rasa bangga saya atas keberhasil Pos Satgas 431, tambahnya.