26/10/2020

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

BERBUAT TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

Babinsa Bantu Warga Distrik Nimboran Bangun Kembali Sistem Irigasi

photo_2017-02-09_11-24-34Jayapura. Irigasi adalah suatu wadah untuk mengairi suatu lahan dengan membendung sumber air, atau bisa juga diartikan sebagai usaha penyediaan, pengaturan, dan pembuangan air untuk menunjang pertanian dan sejenisnya. Irigasi ini terbagi bermacam-macam bentuk meliputi irigasi permukaan, irigasi rawa, irigasi air bawah tanah, irigasi pompa, dan irigasi tambak. Semuanya difungsikan untuk menunjang sistem pertanian.

Di dunia pertanian, fungsi dari irigasi adalah suatu hal yang sangat penting. Irigasi biasa dimanfaatkan oleh petani khususnya petani pada lahan persawahan untuk mengairi dan memberikan pasokan air dilahan pertanian mereka. Sistem irigasi ini sudah berkembang sejak dahulu hingga saat ini.

Di kampung Karya Bumi, Distrik Nimboran, Kabupaten Jayapura, para petani sangatlah tergantung pada sistem irigasi untuk mengairi sawah mereka, akan tetapi, beberapa bulan yang lalu, irigasi yang selama ini mengairi sawah para petani di Distrik Nimboran mengalami kerusakan parah akibat longsor yang terjadi di lintasan irigasi sehingga mengakibatkan saluran irigasi putus sepanjang kurang lebih 30 Meter. Rabu (8/2)

Melihat hal tersebut, Sertu Keliopas selaku pendamping pertanian di kampung Karya Bumi mengambil langkah-langkah penanganan dengan membagun komunikasi dan memberi motifasi serta dorongan moril kepada para petani agar tetap melanjutkan mengolah lahan sawah masing-masing sambil menunggu pembangunan irigasi selesai.

photo_2017-02-09_11-24-31Tidak hanya sampai disitu, Sertu Keliopas bersama dengan Jamaludin SPT selaku penyuluh petani lapangan Distrik Nimboran terus menerus mendesak para pekerja untuk segera menyelesaikan pembangunan irigasi tersebut karena sudah semenjak tiga bulan yang lalu sampai dengan saat ini hasilnya baru diperkirakan mencapai 80 persen.

Menurut Sertu Keliopas bahwa kekurangan pasokan air bagi lahan sawah para petani Distri Nimboran bukanlah hal yang baru dialami oleh para petani, akan tetapi diharapkan bahwa apabila irigasi dapat selesai dengan cepat, para petani akan berusaha menungkatkan hasil produksinya karena selama ini, para petani hanya mengandalkan air hujan untuk mengairi lahan persawahan para petani.