24/09/2020

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

BERBUAT TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

TNI Siap Membantu Pemerintah Dalam Mengawal Pilkada Hingga Selesai

Abepura – Komandan Korem 172/PWY Kolonel Inf Boni C. Pardede sebagai inspektur upacara bendera 17-an bulan Februari 2017 bertempat di lapangan Makorem 172/PWY, Jum’at (17/2).

Pada upacara kali ini, Danrem membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono yang menyampaikan bahwa pada tanggal 15 Februari yang lalu, Bangsa Indonesia telah menyelenggarakan pesta demokrasi berupa Pemilihan Kepala Daerah secara serentak di 101 daerah di seluruh Indonesia.

Pilkada yang baru saja diselenggarakan merupakan gelombang kedua dari tujuh gelombang yang direncanakan hingga tahun 2027.

Kita patut bersyukur, walaupun situasi sosial politik di tanah air sempat mengalami ketegangan beberapa waktu belakangan, namun pelaksanaan Pilkada secara nasional telah berjalan dengan lancar, tertib dan aman.

Hal ini memberikan gambaran semakin tingginya partisipasi politik serta semakin dewasanya masyarakat Indonesia dalam menyikapi dan menjalankan demokrasi yang telah menjadi pilihan politik utama dunia saat ini.

Pihaknya menjelaskan, sebagai alat negara, seluruh prajurit TNI AD harus tetap membantu menjaga situasi kondusif yang telah tercipta tersebut.

Dari hasil sementara, terlihat bahwa di beberapa daerah masih harus melanjutkan Pilkada tersebut ke putaran kedua. Demikian juga masih terdapat persoalan-persoalan terkait dengan pelaksanaan dan hasil Pilkada yang harus diselesaikan oleh pejabat yang berwenang.

Terkait dengan hal tersebut, saya memerintahkan agar seluruh prajurit TNI AD tetap menjaga netralitas dan tidak melakukan campur tangan terhadap proses yang masih dan sedang berlangsung.

Sebagai alat negara, para prajurit TNI AD wajib mengayomi dan menempatkan diri dengan baik diantara semua pihak yang sedang berkompetisi.

Kita perlu memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk menghormati proses demokrasi yang telah berlangsung, serta mengedepankan cara-cara yang beradab dan beretika dalam menyelesaikan berbagai persoalan.

Selanjutnya, kita tetap menjaga kewaspadaan dan siap membantu pemerintah untuk mengawal jalannya demokrasi sampai dengan seluruh proses Pilkada ini selesai, yaitu pelantikan para Kepala Daerah baru yang terpilih.

Upaya yang bisa kita lakukan adalah dengan memetakan potensi kerawanan serta membangun komunikasi dengan para Tokoh Agama, Adat, dan Tokoh Masyarakat untuk bersama-sama menjaga stabilitas politik dalam negeri sepanjang pelaksanaan Pilkada serentak ini.

Terkait dengan Program Ketahanan Pangan yang telah dilaksanakan, hingga awal tahun 2017 ini, TNI AD telah menuai pujian dari berbagai pihak karena keberhasilan melaksanakan tugas pendampingan terhadap Kementerian Pertanian dalam rangka mewujudkan Swasembada Pangan.

Keberhasilan ini tentunya tidak lepas dari jerih payah seluruh prajurit sekalian, khususnya para Babinsa dan prajurit lainnya yang bertugas di Satuan Teritorial.

KASAD berharap agar para prajurit yang terlibat langsung dengan program ini, khususnya para Babinsa tetap semangat dalam melaksanakan pendampingan.