28/11/2020

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

BERBUAT TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

Babinsa Unurum Guay Bantu Warga Panen Sagu

Jayapura – Sagu merupakan makanan yang khas bagi masyarakat Indonesia khususnya bagi masyarakat Papua, karena sagu dapat dikatakan sebagai penopang hidup masyarakat Papua, baik sebagai sumber makanan dan penghasilan uang serta penghasil bahan untuk digunakan sebagai tempat penginapan atau rumah.

Di kampung Nimbontong, Distrik Unurum Guay, Kabupaten Jayapura, Babinsa Koramil 1701-16/Unurum Guay Serka Gunawan membantu salah satu warga masyarakat kampung Nimbontong yakni Markus Megar memanen sagu yang sudah tiba masanya untuk dipanen, Minggu (19/3).

Untuk memudahkan panen tersebut, Serka Gunawan membantu menebang pohon sagu dengan cara menggunakan senso, sekaligus untuk memotong-motong batang pohon sagu menjadi beberapa bagian, dengan tujuan agar memudahkan warga mengangkut potongan-potongan batang sagu tersebut keluar dari hutan, dan proses pengangkutannya pun tidaklah gampang.

Bersama dengan beberapa warga lainnya, Serka Gunawan dengan susah payah memotong dan mengangkut potongan-potongan batang sagu keluar dari hutan dengan cara menarik potongan-potongan batang sagu tersebut menggunakan sapi yang memang difungsikan untuk membantu masyarakat dalam setiap memanen pohon sagu yang likasinya berada jauh dari perkampungan. Pohon sagu yang nantinya diolah menjadi tepung sagu tersebut, akan dijual ke pengepul untuk diolah di pabrik sagu.

Selain membantu Markus Megar memanen pohon sagu, Serka Gunawan juga memberi arahan kepada warga yang turut membantu proses panen tersebut tentang bagaimana cara praktis dalam perawatan pohon sagu di hutan dimana gulma atau tanaman lain yang berada disekitar pohon sagu agar selalu dibersihkan sehingga pertumbuhan pohon sagu menjadi baik.