25/09/2020

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

BERBUAT TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

Deteksi Dini Kanker Serviks, 60 Persit Koorcabrem 172 Ikut Pemeriksaan IVA

Abepura – Rabu (8/3), Sebanyak kurang lebih 60 orang persit Koorcabrem 172 mengikuti kegiatan pemeriksaan deteksi dini kanker servis dengan menggunakan metodeĀ  IVA (inspeksi visual dengan asam asetat).

Mengambil tempat di Poliklinik Denkesyah Waena dan bekerjasama dengan Puskesmas Waena, kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Persit Kartika Chandra Kirana ke 71 tahun 2017 di wilayah Koorcabrem 172.

Ketua Persit Koorcabrem 172 Ny. Diana Boni C. Pardede menyampaikan kegiatan seperti ini sudah sering juga dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan maupun oleh puskesmas setempat.

“Saya mengharapkan dengan pemeriksaan hari ini, ibu-ibu lebih mengetahui bagaimana kondisi kesehatan tubuh masing-masing. Untuk memberi pemahaman tentang IVA test, akan diberikan sedikit penjelasan oleh dokternya langsung”, katanya.

Sementara itu, Dr. Yanni Kuniati sebagai Dokter Umum Puskesmas Waena menyampaikan IVA merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin, dengan cara melihat langsung (dengan mata telanjang) leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3-5%.

“Sekarang ini lagi musimnya kanker leher rahim atau kanker servik, sudah seperti malaria kalau di Jayapura, setiap detik setiap saat di rumah sakit ada saja pasien baru yang menderita kanker serviks”, katanya.

Pihaknya menjelaskan jika dibandingkan dengan metode Pap Smear, metode IVA merupakan pemeriksaan yang lebih simple. Hasil pemeriksaan lebih cepat dan singkat karena langsung bisa dilihat pada perubahan warna serviknya. Berbeda dengan Pap smear yang membutuhkan waktu 7-10 hari untuk melihat hasilnya.

“Setiap manusia memiliki sel kanker, akan tetapi bagaimana kanker itu berkembang tergantung dengan pola hidup. Aktivitas fisik di rumah paling tidak sekitar 10-15 menit olahraga, itu dapat menekan sel kanker kita untuk berkembang. Jangan lupa untuk menjaga pola makan yang sehat, makan sayur-sayuran dan buah-buahan, itu penting sekali”, ujarnya.