21/09/2020

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

BERBUAT TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

Kelompok Tani Sejahtera Terima Pelatihan Pengoperasian Traktor Dari Babinsa

Abepura – Keberadaan Prajurit TNI di wilayah teritorial sangat besar peran dan keberadaanya. Di bidang pertanian, selain pembukaan cetak sawah baru, program pemerintah dalam upaya khusus peningkatan produksi padi, jagung, kedelai atau (upsus pajale) untuk mencapai swasembada pangan nasional bersama prajurit TNI AD khususnya terus berlanjut.

Dalam hal ini kemampuan babinsa selaku ujung tombak program upsus tersebut terus ditingkatkan melalui penataran dan pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan bidang pertanian. Dengan kemampuan dan pengetahuan yang telah diajarkan kepada para babinsa diharapkan mampu mengaplikasikannya di lapangan.

Hal tersebut dijawab para Babinsa dengan memberikan pelatihan pengoperasian traktor kepada kelompok tani di daerah binaannya. Seperti yang terlihat di Koramil 1701-16/Unurum Guay, Babinsa Serda Laode Amin memberikan pelatihan pengoperasian traktor kepada kelompok tani sejahtera di kampung Loatam Distrik Unurum Guay, Minggu (12/3).

Traktor jenis Quick G3000 Zeva ini merupakan bantuan dari Kodim 1701/Jayapura yang diberikan kepada kelompok tani sejahtera yang baru terbentuk awal bulan januari tahun ini, untuk dipergunakan dalam mempermudah pengolahan lahan pertanian.

Danramil Lettu Inf Sungging Wijaya menyampaikan bantuan berupa 1 unit traktor ini diperuntukkan bagi kelompok tani di jajaran Kodim 1701/Jayapura yang saat ini di terima oleh kelompok tani sejahtera binaan koramil unurum guay.

“Dengan tujuan agar dapat mempermudah para petani dalam menyiapkan lahan. Dimana selama ini para petani hanya menggunakan cara tradisional atau manual”, ujarnya.

Pihaknya berharap dengan adanya traktor ini dapat membantu petani membuka lahan dengan cepat sehingga dapat mengembangkan kampung Loatam menjadi daerah pertanian yang menjanjikan di distrik unurum guay.

Terlihat para peserta pelatihan sangat bersemangat. Karena traktor ini merupakan barang baru bagi mereka.

Ketua kelompok tani bapak untung mengucapkan sangat berterima kasih kepada Kodim Jayapura yang telah memberi perhatian dan dukungan traktor karena selama ini pihaknya hanya bekerja dengan cara manual.

“Dengan adanya traktor ini kami akan terbantu. Kami juga berterima kasih karena para babinsa terus mendampingi, tidak melepas kami begitu saja setelah memberikan alat ini, akan tetapi kami diberikan pelatihan, pengoperasian bahkan perawatan dari alat tersebut”, ujarnya.

Ini benar-benar bentuk perhatian yang luar biasa. Membuat para petani lebih merasa dihargai dan dihormati oleh Pemerintah khususnya TNI. Semoga kegiatan pendampingan ini terus berjalan sehingga petani lebih semangat dalam mengelola lahannya.

Materi yang dilatihkan adalah teori cara mengoperasionalkan dan cara perawatan  traktor dilanjutkan dengan praktek langsung di lapangan.