27/11/2020

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

BERBUAT TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

Kerja Bakti Pembersihan Bendungan Irigasi Bersama Babinsa Dan Petani

Jayapura. Tujuan dibuatnya irigasi pada suatu daerah adalah upaya untuk menyediakan dan mengatur air dalam menunjang proses produksi pertanian, dari sumber air ke daerah yang memerlukan serta mendistribusikan secara teknis dan sistematis. Produksi dari hampir semua jenis tanaman akan meningkat jija didukung dengan adanya pemberian air yang tepat waktu dan tepat jumlah.

Mengingat betapa pentingnya irigasi bagi para petani, anggota Koramil 1701-11/Nimboran Pelda Suwondo memimpin kelompok tani kampung Sumbe dan kelompok tani kampung Besum untuk melaksanakan pembersihan di bendungan irigasi Distrik Nimboran, Kabupaten Jayapura. Selasa (28/2)

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Pelda Suwondo tersebut disambut baik oleh Ondoafi kampung Sumbe Moses, Penyuluh Petani Lapangan sekaligus Ketua Kelompok Tani kampung Besum Landa, penjaga bendungan Marthen, Ketua Kelompok Tani Tabiapto kampung Besum Yakop Bali, Ketua Kelompok Tani Yambeto kampung Sumbe Alex Giyai dengan cara terjun langsung ke bendungan yang melintasi tiga kampung di Distrik Nimboran.

Kegiatan yang dilakukan tersebut adalah membersihkan lumpur dan sampah yang menutupi bendungan yang mengakibatkan aliran air yang mengalir ke irigasi menjadi berkurang.

Moses selaku Ondoafi Kampung Sumbe sangat mendukung kegiatan yang telah dilakukan oleh anggota Koramil 1701-11/Nimboran untuk membantu masyarakat dalam pembersihan bendungan yang selama ini menjadi sarana irigasi untuk mengairi lahan pertanian di Distrik Nimboran ini.

Moses Hamong berharap agar kegiatan seperti ini terus berlanjut sebagaai wujud kepedulian anggota TNI terhadap kondisi sosial di wilayahnya, sehingga mampu memberi manfaat yang positif bagi masyarakat agar dapat berdaya guna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.