03/12/2020

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

BERBUAT TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

Melalui TMMD Ke 98, Kodim 1701/Jayapura Membangun Perbatasan RI-PNG

Keerom – Kabupaten Keerom yang luas wilayahnya mencapai 9.365 km2 dengan populasi penduduk sebanyak 53.694 jiwa adalah merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga yaitu Papua New Guinea. Salah satu kampung yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga tersebut adalah Kampung Sach, Distrik Waris, Kabupaten Keerom Provinsi Papua.

Kampung Sach adalah merupakan pecahan dari kampung Yuwainda yang berdiri sejak Tahun 2006. Markus Ibe adalah sosok pendiri kampung tersebut yang juga merupakan Tokoh Masyarakat sekaligus sebagai Kepala Kampung Sach hingga saat ini.

Kampung Sach memiliki 115 KEPALA Keluarga dengan jumlah penduduk mencapai 400 Jiwa yang terdiri dari balita, anak-anak, dewasa dan lansia.Hampir seluruh penduduk Kampung Sach berprofesi sebagai petani ladang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Sagu serta umbi-umbian lah yang menjadi makanan pokok warga di kampung tersebut.

Keterbelakangan pendidikan dan kurangnya layanan kesehatan bagi warga Kampung Sach merupakan salah satu faktor yang menjadi target kepedulian TNI melalui Kodim 1701/Jayapura melaksanakan pembangunan di kampung tersebut melalui program TMMD Reg ke-98 Tahun 2017. Selain itu, warga Kampung Sach juga berharap kepada pemerintah daerah setempat dan kepada TNI melalui Kodim 1701/Jayapura agar pelaksanaan TMMD Reg ke-98 Tahun 2017 dilaksanakan di kampung tersebut. Rabu (29/3)

Untuk mendapatkan layanan kesehatan saja, warga Kampung Sach harus menempuh jarak sejauh 100 Km untuk berobat ke rumah sakit yang berada di Kabupaten Keerom, sedangkan untuk menuju ke Ibukota Provinsi Papua, warga harus menempuh jarak sejauh kurang lebih 150 Km.

Hingga saat ini, hampir seluruh warga Kampung Sach tidak pernah mengenyam pendidikan formal layaknya warga yang berada di kampung-kampung lainnya. Hal tersebut dikarenakan fasilitas bangunan sekolah pun tidak ada.

Dalam pelaksanaan TMMD Reg ke-98 Tahun 2017 yang dilaksanakan di Kampung Sach tersebut, Kodim 1701/Jayapura akan membangun masing-masing satu unit Posyandu Pembantu, Balai Kampung, Rumah Sosial, Rumah Warga dan Pengerasan Jalan sepanjang 500 Meter.

Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf Nova Ismailiyanto berharap, agar dengan dilaksanakannya Program TMMD Reg ke-97 Tahun 2017 di Kampung Sach, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, dapat menjawab kerinduan warga Kampung Sach yang belum tersentuh baik dalam hal pembangunan infrastruktur maupun dalam sektor pendidikan dan layanan kesehatan.

“Kalau bukan sekarang, kapan lagi, kalau bukan TNI, siapa lagi yang akan menjaga dan membangun Perbatasan RI-PNG, karena TNI membangun Rakyat untuk Rakyat”. Ungkap Letkol Nova Ismailiyanto