26/10/2020

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

BERBUAT TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

Prajurit Kodim Jayawijaya Laksanakan Pengambilan Sempel Darah

Wamena, Jumat (31/03/2017) Puluhan Prajurit Kodim 1702/JWY pagi tadi setelah pelaksanaan apel ramai-ramai berkumpul di Aula Ukhumiarek Asso Makodim. Bukan tanpa alasan, mereka berkumpul di aula untuk melaksanakan pengambilan sempel darah.

Bekerja sama dengan Puskesmas Wamena Kota yang tergabung dalam Viciting Mobile HIV/AIDS, Kodim Jayawijaya menggelar pengambilan sempel darah bagi prajurit-prajuritnya. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mengidentifikasi seluruh prajurit dari penyakit menular HIV/AIDS, Sipilis serta Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba atau yang lebih dikenal dengan sebutan P4GN.

Hal tersebut dilaksanakan mengingat di wilayah Pegunungan Tengah banyak ditemukan kasus penyakit berbahaya tersebut karena masih adanya pergaulan bebas baik dikaum muda maupun yang sudah berkeluarga, serta tidak menutup kemungkinan adanya pengguna maupun maraknya peredaran gelap narkoba di wilayah jayawijaya ini, ucap dr. Yopi selaku ketua tim Viciting Mobile HIV/AIDS tadi pagi.

Dengan adanya kegiatan pengecekan prajurit melalui sempel darah tersebut diharapkan dapat mendeteksi lebih dini bagi prajurit yang mengidap penyakit berbahaya tersebut, sehingga dapat dilaksanakan pengobatan awal agar tidak akut. Disamping itu agar prajurit menghindari bahaya narkoba yang dapat mengakibatkan kecanduan bahkan banyak kasus kematian gara-gara mengkonsumsi barang haram tersebut, yang otomatis merusak generasi penerus bangsa.