31/10/2020

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

BERBUAT TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

Rasa Memiliki Harus Ada Pada Setiap Prajurit

Abepura – Komandan Korem 172/PWY Kolonel Inf Boni C. Pardede berharap kepada seluruh prajurit agar dalam bekerja dilingkup kerja harus menanamkan rasa saling memiliki. Hal tersebut disampaikan Danrem 172/PWY beberapa waktu lalu dihadapan seluruh prajurit Makorem 172/PWY.

Menurutnya, rasa saling memiliki harus ada di dalam diri masing-masing prajurit. “Rasa memiliki wajib ada dalam diri setiap prajurit ksatria pelindung rakyat, mengapa? karna apabila setiap prajurit telah memiliki itu, kalian secara sadar akan bertindak peduli, terikat, memiliki empati, termotivasi bahkan mampu memberdayakan diri sendiri” jelasnya.

Ironisnya rasa memiliki hampir luntur di dalam dunia kerja maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Kita seringkali menyepelekan hal-hal kecil yang jika digabung secara keseluruhan berpotensi merugikan.

Contoh rasa memiliki di dalam kehidupan adalah ketika seseorang merasa memiliki rumah, maka dia akan senantiasa menjaga dan membersihkan rumah tersebut terlebih rumah tersebut adalah tempat bernaungnya.

Dari contoh tersebut prajurit bisa melihat sendiri, apakah dalam diri kalian telah terpatri rasa memiliki atau belum. Seperti kejadian yang baru saja terjadi belum lama ini, dimana ada pihak-pihak yang ingin mengacaukan Kamtibmas di Kota Jayapura, sehingga terjadi pergolakan massa dan terindikasi isu sara.

“Saya berharap rasa memiliki itu ada pada diri kalian sehingga pada saat kejadian seperti itu, semua dapat menjadi peredam massa. Tenangkan masyarakat yang terbawa emosi. Sampaikan kepada mereka bahwa kita ini satu, Jayapura ini adalah rumah kita, kita tidak ada yang mau terprovokasi oleh isu-isu yang belum jelas kebenarannya. Sehingga semua akan bersatu padu menjaga rumah kita ini karna Jayapura ini merupakan rumah kita semua yang ada di sini” katanya.

Tanamkan dulu rasa memiliki dalam diri kalian barulah kalian tanamkan rasa memiliki tersebut kepada masyarakat di sekitar kalian.