10/05/2021

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

BERBUAT TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

Sukseskan Program Ketahanan Pangan, Yonif 410 Panen Raya Kacang Tanah

Keerom. Pemerintah selalu mencanangkan program ketahanan pangan untuk menghindari terjadinya kelangkaan diberbagai macam komoditi pangan bersifat setrategis dan sentral yang sangat dibutuhkan oleh hajat hidup orang banyak. Sampai saat ini TNI khususnya Satgas sangat komitmen dalam mensukseskan program Pemerintah dalam bidang ketahanan pangan.

Pencapaian program ketahanan pangan, pada hari Minggu (20/8/17) yang berlokasi diareal perkebunan Pos Kotis PIR IV Satgas Yonif 410/Alugoro menikmati indahnya panen raya kacang tanah bersama- sama dengan masyarakat Wonorejo PIR IV, Distrik Manem, Kab Keerom. Masyarakat setempat menyambut panen raya ini dengan penuh suka cita, dimana hasil jerih payahnya selama ini antara Satgas dengan masyarakat sekitar sudah bisa dinikmati hasilnya.

Proses penanaman kacang tanah yang memakan waktu sekitar 3,5 bulan dan menempati luas areal ± 1 ha yang sangat subur ini dikerjakan dan dirawat antara personel Satgas bersama-sama dengan  masyarakat sekitar, dan hasilnya dinikmati bersama-sama. Panen raya kacang tanah ini hasilnya sangat baik hingga mencapai ± 2 ton.

Dengan adanya panen raya kacang tanah yang merupakan salah satu komoditi unggulan disektor pertanian karena sangat dibutuhkan dalam hajat hidup orang banyak yang bisa dijadikan hasil olahan berbagai macam makanan dan mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi, hal ini merupakan moment yang sangat tepat untuk dimanfaatkan dalam menyambut perayaan Hari Raya Lebaran Idul Adha atau Lebaran Haji yang tinggal beberapa hari lagi.

“Tahun ini hasilnya (kacang ranah) sangat bagus Pak Ndan (Bapak Komanda) dan melimpah. Beda dengan tahu lalu, sedikit. Ini berkat sentuhan tangan dari Bapak-bapak  Pos (personel Satgas)” ucap Pak Karno salah satu petani yang ikut meniknati saat berbincang dengan personel Satgas.

Beda halnya dengan pendapat Bp Matheus yang ikut menikmati panen raya “Ini panen (kacang tanah) bagus sekali. Bisa buat teman (sambil dinikmati) nonton bola di TV” kata Bp Matheus dengan polos.