26/11/2020

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

BERBUAT TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 72 Di Kabupaten Jayawijaya Khidmat Dan Luar Biasa

Wamena – Hari ini Kamis 17 Agustus 2017 merupakan hari yang disakralkan bagi seluruh masyarakat Indonesia, pasalnya pada tanggal tersebut tujuh puluh dua tahun silam dijadikan tanggal lahir dan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ditandai dengan pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan oleh Ir. Sukarno Presiden Republik Indonesia saat itu.

Setiap tahunya Bangsa Indonesia selalu memperingati Hari Kemerdekaan tersebut dengan menyelenggarakan Upacara Detik-Detik Proklamasi di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang menjadi puncak dari Hari Ulang Tahun Republik Indonesia, tidak terkecuali di Kabupaten Jayawijaya yang merupakan kabupaten induk di wilayah Pegunungan Tengah Papua.

Bupati Kabupaten Jayawijaya Jhon Wempi Wetipo S.H M.H bertindak sebagai Inspektur Upacara dengan Komandan Upacara Mayor Inf SY. Gafur Thalib S.Ip (Wadanyonif 756/WMS), dengan mengangkat Thema “KERJA BERSAMA”, Sub Thema “Dengan Semangat Kemerdekaan RI ke 72 Kita Tingkatkan Kamtibmas, Disiplin dan Budaya Kerja di Kabupaten Jayawijaya”.

Yang lebih luar biasa upacara kali ini diikuti oleh lebih kurang seribu pasukan upacara, mulai dari siswa-siswi pelajar se Kabupaten Jayawijaya sampai dengan prajurit TNI-Polri, yang membuat Lapangan Pendidikan Wamena dipenuhi oleh pasukan upacara.

Upacara berlangsung sangat Khidmat yang ditandai dengan ledakan TNT sebanyak dua kali dan bunyi sirene pada Detik-Detik Proklamasi, yang dilanjutkan dengan dibukanya Tanda Kebesaran penghormatan seluruh pasukan upacara. Derap langkah seirama Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dalam mengemban tugas menaikkan Bendera Merah Putih membuat decak kagum tamu undangan.

Seluruh rangkaian Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 Tahun 2017 di wilayah Kabupaten Jayawijaya berjalan dengan tertib dan aman.