20/10/2020

KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI

BERBUAT TERBAIK, BERANI, TULUS DAN IKHLAS

Kodim Wamena Selenggarakan Nobar Film Pengkhianatan G30S/PKI

Wamena – Film pengkhianatan G30S/PKI dibuat di era orde baru, tepatnya pada tahun 1984. Film ini mengisahkan tentang pemberontakan anggota Partai Komunis Indonesia yang menurut sejarah versi pemerintah terjadi pada 30 September 1965, dengan keganasanya memakan ratusan korban jiwa termasuk para Jenderal TNI yang jasadnya dimasukkan dalam lubang buaya.

Di era orde baru, pemutaran film penumpasan G30S/PKI wajib diputarkan dan ditonton di televisi tiap 30 September. Seluruh sekolah juga mengharuskan murid-muridnya menonton film tersebut, pada tahun 1998, bersamaan dengan lengsernya kekuasaan orde baru peraturan tersebut dihapuskan pula.

Baru-baru ini berita tentang menonton film pengkhianatan G30S/PKI menjadi viral baik di media sosial maupun elektronik, hal tersebut karena adanya perintah Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo agar jajaran TNI menyelenggarakan nonton bareng film yang di sutradarai oleh Arifin C Noer tersebut.

Berkaitan dengan perintah tersebut, Kodim Jayawijaya menyelenggarakan nobar film pengkhianatan G30S/PKI yang dipusatkan di Aula Ukhumiarek Asso Makodim 1702/JWY, (Rabu, 20/09/2017) dengan menggunakan proyektor dan sound sytem yang ada. Penonton diundangkan dari murid-murid sekolah-sekolahan SMA Wamena yang notabene merupakan generasi penerus bangsa.

Sekarang ini sangat minim pelajaran sejarah, Pancasila dan budi pekerti yang diajarkan di bangku sekolah, dengan adanya nobar film pengkhianatan G30S/PKI ini diharapkan dapat bermanfaat bagi generasi muda sebagai penerus bangsa, agar sejarah kelam yang merongrong kedaulatan NKRI tidak terulang kembali serta agar kita semua memahami sejarah terkait bahaya KOMUNISME.